bdadinfo.com

Deretan 5 Kota Metropolitan di Sumatera: Gokil! Salah Satunya Punya PDRB Rp242 Triliun - News

Potret Kota Medan sebagai salah satu kota metropolitan di Pulau Sumatera. (dok. podomorodelimedan)

- Perkembangan kota-kota di Pulau Sumatera merupakan yang terpesat di luar Pulau Jawa. Bahkan terdapat beberapa yang dikategorikan sebagai kota metropolitan.

Kota metropolitan atau dapat disebut sebagai kotaraya memiliki jumlah penduduk sebanyak satu sampai dengan lima juta jiwa.

Inilah deretan 5 kota metropolitan di wilayah Sumatera, seperti dilansir dari Knaal Youtube Sumatera Pedia, Sabtu, 29 Juli 2023:

Baca Juga: Cuma Berjarak 5 KM dari Singapura, Warga Batam Bisa Nonton 3 Channel TV Luar Negeri

  1. Kota Pekanbaru

Pekanbaru terletak pada Provinsi Riau. Perkembangan yang pesat menjadikannya sebagai daerah dengan ekonomi terbesar ke-4 di Pulau Sumatera.

Berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adhb tahun 2021 sebesar Rp115 triliun. Sektor penggerak ekonomi Kota Pekanbaru adalah perdagangan.

Kota ini memiliki luas 632 kilometer persegi dengan jumlah penduduknya mencapai hampir satu juta jiwa.

Baca Juga: Wow! Bersihkan Sungai Bengkulu, 1,6 Ton Sampah Berhasil Diangkat

  1. Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung berada pada tempat yang strategis karena juga menjadi pintu masuk menuju kawasan wilayah Sumatera dan sebagai pendistribusian logistik.

Bandar Lampung menjadi kota perdagangan, keuangan, dan lain-lain. Dengan PDRBnya sebesar Rp59 triliun, luas wilayahnya 197 kilometer persegi, dan kepadatan penduduk 5.300 jiwa lebih perkilometernya

Baca Juga: Menilik Perjalanan Adrin Kahar, Putra Gubernur Sumbar Pertama yang Menjadi Pendiri Universitas Bung Hatta

  1. Kota Batam

Batam berada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini dirancang sejak dahulu sebagai Singapuranya Indonesia karena memiliki jalan yang lebar, kabel-kabel listrik, dan telekomunikasi yang di tanah di bawah tanah.

Batam dihuni oleh 1,2 juta jiwa penduduk, sektor penggeraknya di bidang industri dan pariwisata. Dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adhb tahun 2021 sebesar Rp161 triliun.

Baca Juga: Seperti Tembok Besar Cina! Inilah Sejarah dan Informasi tentang Janjang Saribu di Bukittinggi Sumatera Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat