bdadinfo.com

Wow! Bersihkan Sungai Bengkulu, 1,6 Ton Sampah Berhasil Diangkat - News

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, membuka kegiata bersih-bersih sungai. (dok. Pemprov Bengkulu)

Dalam rangkan memperingati Hari Sungai Nasional, berbagai stakeholder melakukan kegiatan susur Sungai Bengkulu. Sebanyak 1,6 ton sampah pun berhasil diangkat.

1,6 ton sampah dari Muara Sungai Bengkulu ini dibersihkan oleh tim gabungan dari Balai Sungai Wilayah Sumatera VII Pemprov, TNI, Polri, Basarnas, para penggiat lingkungan dan berbagai pihak lainnya.

Kegiatan bebersih Sungai Bengkulu yang digelar Kamis, 27 Juli 2023, dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Baca Juga: Seperti Tembok Besar Cina! Inilah Sejarah dan Informasi tentang Janjang Saribu di Bukittinggi Sumatera Barat

Diketahui, Muara Sungai Bengkulu memang kerap membawa masalah apalagi ketika musim hujan tiba. Tumpukan sampah membuat debit air di sungai ini meninggi, tak jarang hingga meluap.

Karena itu, kegiatan susur Sungai Bengkulu ini, kata Rohidin Mersyah, sekaligus momen meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai.

“Saya kira momen ini untuk membangkitkan kepedulian dan tanggung jawab bersama. Penyelesaian persoalan ini sangat kompleks sehingga membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak,” kata Rohidin Mersyah, dilansir dari laman resmi Pemprov Bengkulu, Sabtu, 29 Juli 2023.

Baca Juga: Update Daftar Tarif Tol Trans Sumatera, Lengkap Ada Ruas Tol Terpanjang Indonesia

Susur Sungai Bengkulu merupakan rangkaian kegiatan menuju World Water Forum yang bakal digelar di Bali tahun 2024 mendatang.

Kegiatan susur Sungai Bengkulu ini tentu juga disoroti masyarakat inetrnasional dengan hadirnya World Water Forum tersebut.

Hal tersebut membuat Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, Adi Umar Dani, mengingatkan masyarakat agar jangan lagi membuang sampah ke sungai.

Baca Juga: Dijuluki Singapuranya Indonesia, Ini Sejarah Singkat Pulau Batam

“Apa yang kita lakukan ini mudah-mudahan bisa menggugah masyarakat. Kalaupun misalnya tidak bisa membantu kita bersih-bersih sampah paling tidak jangan membuang sampah di sungai,” jelasnya.

Adi juga menjelaskan, rangkaian menuju World Water Forum ini, selain kegiatan susur sungai, juga ada pameran biopori dan pameran hidroponik serta lomba mewarnai tingkat SD.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat