bdadinfo.com

Ternyata Pulau Kecil di Sumatera Utara Ini Pernah Menjadi Lokasi Syuting Film Hollywood, Berikut Profilnya - News

Pulau Kecil di Sumatera Utara Ini Pernah Menjadi Lokasi Syuting Film Hollywood. (Disbudpar Provinsi Sumut.)

- Sumatera Utara sejak lama telah dikenal memiliki berbagai tempat wisata alam yang begitu beragam.

Salah satu tempat wisata alam di Sumatera Utara tersebut bahkan pernah menjadi lokasi syuting film hollywood pada tahun 2005.

Wisata alam tersebut adalah Pulau Mursala yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Baca Juga: Bamboosa Guest House, Penginapan Murah Dekat Jam Gadang Bukittinggi, Lengkap dengan View Gunung Marapi

Pulau Mursala pernah dijadikan sebagai lokasi syuting berjudul 'King Kong' yang rilis pada tahun 2005.

Selain itu, Pulau Mursala juga pernah dijadikan lokasi syuting film Indonesia yang berjudul 'Mursala' yang rilis pada tahun 2013 lalu.

Pulau Mursala terletak di Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, dan berjarak sekitar 22,5 km dari Kota Sibolga ke arah Barat Daya.

Baca Juga: Ini 'Kuncian' Basrizal Koto Sukses jadi Crazy Rich Asal Sumatera Barat, Sukses di Berbagai Bisnis

Pulau ini memiliki luas sekitar 8.000 Ha dan bisa diakses melalui perjalanan kapal dari Pandan atau Sibolga melintasi Teluk Tapanuli.

Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Mursala. Nama tersebut tidak mengalami perubahan berdasarkan hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa bumi pada tahun 2007.

Kata "Mursala" memiliki arti "musala". Pulau ini diberi nama Pulau Mursala karena dalam sejarahnya terdapat seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di pesisir barat Sumatera dan mendirikan tempat peribadatan atau musala di pulau ini.

Baca Juga: Unik dan Beda, Ternyata Ini Standar Kecantikan Wanita di Mentawai Sumbar

Secara topografi, Pulau Mursala terdiri dari bukit-bukit dan sebagian wilayahnya berupa dataran rendah yang digunakan sebagai pemukiman masyarakat.

Pantainya terbagi antara yang berpasir putih dan berbatu. Pohon kelapa, bakau, rumput, dan berbagai jenis tumbuhan tinggi merupakan flora dominan di pulau ini.

Meskipun demikian, Pulau Mursala tidak berpenduduk secara permanen. Hanya ada satu dusun dengan sekitar 250 kepala keluarga yang menghuni pulau ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat