bdadinfo.com

Mega Proyek Mangkrak dan Tak Berguna Sepanjang Sejarah, Nomor. 5 Kota Surga Malaysia Jadi Kota Berhantu - News

Mega proyek seringkali dianggap sebagai simbol kemajuan inovasi dan kemampuan teknologi manusia namun tidak semua mega proyek memberikan hasil yang sepadan dengan investasi dan juga upaya yang dikeluarkan.



- Ternyata bukan di Indonesia saja proyek-proyek terlantar dan mangkrak terjadi. Di luar negeri juga banyak mega proyek terbengkalai alias tak berguna dibangun.

Memang, Mega proyek seringkali dianggap sebagai simbol kemajuan inovasi dan kemampuan teknologi manusia namun tidak semua mega proyek memberikan hasil yang sepadan dengan investasi dan juga upaya yang dikeluarkan.

Bayangkan, banyak mega proyek didunia yang terbengkalai. Meskipun menelan biaya astronomis dan anggaran yang sangat luar biasa. 

Baca Juga: Jumlah Gerai Tidak Banyak, Ternyata Indomaret Point Hanya Ada di Lokasi Premium Ini

Mega proyek juga menjadi simbol ketidakberhasilan dan pemborosan sumber daya. Ada beberapa mega proyek paling tidak berguna sepanjang sejarah di dunia yang dirangkum dari kanal youtube Calon Sarjana sebagai berikut:

10. Mattala Rajapaksa Internasional Airport
Mattala Rajapaksa Internasional Airport adalah bandara tersepi di dunia semenjak menjadi berita utama di majalah fork sebagai satu-satunya bandara di dunia yang paling sepi orang-orang mulai pada penasaran sama Srilanka Mattala Rajapaksa Internasional Airport.

Soalnya bandara yang terletak di distrik Hambantota itu didesain sedemikian rupa untuk menampung 1 juta turis 12 counter check in Landasan Pacu yang cukup panjang serta tahun setinggi 35 meter untuk memantau pesawat yang datang dan juga pergi.

Baca Juga: Awal Tahun 2024 Ditargetkan Rampung, Ruas Jalan Tol Bangkinang Pangkalan Anti Gempa Bumi?

Sayangnya waktu sudah jadi visi dari bandara ini tidak terwujud sama sekali alasannya karena hanya ada 3000 penerbangan per tahun dan 50.000 turis yang datang ke sana.

Setelah dicari tahu kenapa bandara itu enggak sukses. Ternyata dari awal dibuat sebenarnya sudah ditentang sama banyak orang apalagi daerah distrik itu kebanyakan ditinggali penduduk miskin dengan jalur transportasi umum yang tidak mendukung.

Makanya nggak banyak turis yang mau terbang dari bandara itu meskipun tampilan luar bangunannya tuh cakep banget bahkan warga sempat protes ke mantan presiden bernama Mahindar Rajapaksa gara-gara bikin negara mereka ngutang sama Tiongkok sebesar Rp2,8 triliun.

Baca Juga: Mau Buka Minimarket Sendiri? Segini Rincian Modal yang Harus Dipersiapkan Beserta Estimasi Balik Modalnya

Ada rumor yang hilang kalau pembangunan bandara itu dibuat di sana karena jadi kotak kelahiran sang mantan presiden. Sekarang bangunannya bisa dibilang kosong. Gara-gara ada maskapai yang baru berangkat atau menurunkan penumpang di situ. Kebanyakan hewan liar doang yang datang ke bandaranya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat