bdadinfo.com

Ciptakan Smart Forest City yang Berkelanjutan, IKN Punya Pusat Konservasi BOSF - News

Illustrasi IKN Nusantara  (Pexels.com )

IKN Nusantara terletak di pulau Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kalimantan merupakan kawasan hutan tropis dengan beberapa satwa langka yang terancam punah. Salah satunya adalah orangutan.

Orangutan memiliki nama latin pongo pygmaeus. Saat ini populasinya mengalami penurunan drastis akibat kerusakan hutan dan hilangnya habitat aslinya.

Baca Juga: Hah, Tol JTTS Ditinjau Ulang? Apa Benar Proyek yang Dikeluarkan PSN Mau Dilanjutin Lagi, Begini Penjelasannya

Belakangan ini viral isu tentang orangutan di Kalimantan yang mengalami eksploitasi oleh manusia.

Dalam tayangan video reels @bule_sampah bersama @jerhemynemo, yang diunggah pada Rabu, 1 November 2023 tersebut menyuarakan sisi kelam keberadaan orangutan di Kalimantan.

Pusat konservasi BOSF di IKN Nusantara yang merupakan salah satu organisasi nirlaba yang bertugas melindungi dan melestarikan orangutan ini menjadi rumah baru bagi orangutan di IKN.

Baca Juga: Ternyata Sebagian Besar Masyarakat Menganggap Gibran Rakabuming Tak Pantas Menjadi Cawapres!, Berikut Datanya

Pusat Konservasi BOSF di IKN Nusantara menyelamatkan orangutan dengan melakukan pengobatan dan pelatihan untuk dapat kembali hidup bebas.

Ada pun orangutan yang cacat atau trauma akan tinggal di kawasan konservasi ini secara permanen.

Mengutip keterangan dari halaman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), keberadaan orangutan Kalimantan di wilayah IKN Nusantara terbagi ke dalam 17 lansekap.

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan Momentum bagi Pemuda untuk Berkontribusi bagi Negara

Adapu, orangutan terdekat dengan IKN Nusantara hanya ada di Sungai Wain.

Upaya antisipasi untuk mencegah orangutan tidak masuk ke zona IKN Nusantara, salah satunya adalah dengan memulihkan ekosistem untuk memperbanyak cluster habitat satwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat