bdadinfo.com

Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Mulus Tahun 2024, Pangkas Jarak Tempuh Semarang-Jogja Jadi 1,5 Jam - News

Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Mulus Tahun 2024, Pangkas Jarak Tempuh Semarang-Jogja Jadi 1,5 Jam (www.pexels.com)

 – Infrastruktur jalan tol trans jawa masih masif dikerjakan sebagai proyek strategis Jokowi, salah satunya proyek jalan tol lingkar emas Jogja – Solo – Semarang .

Mega proyek konstruksi jalan tol yang menghubungkan dua provinsi Jawa Tengah dan DIY melalui rute Magelang disebut tol Yogelawen dimulai sejak Maret 2022.

Dengan panjang 75,82 kilometer, jalan tol Yogyakarta – Bawen ini diharapkan mampu mempersingkat waktu perjalanan antara dua kota ini.

Baca Juga: Mengulik Sederet Fakta dan Asal Nama Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Biaya proyek konstruksi jalan tol ini sekitar Rp10 triliun dengan jaminan proyek dari pemerintah sebesar Rp 7,4 triliun.

Dana yang fantastis ini dinanti keberhasilannya oleh masyarakat yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo dan Semarang. Mengingat volume kendaraan yang melintasi ketiga kota ini semakin tinggi.

Keterbukaan akses dengan adanya jalan tol Yogyakarta – Bawen ini akan menjadi pendorong peningkatan industri dan pariwisata khususnya di Jawa bagian Selatan.

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino, Salah Satu Mega Proyek Pamungkas Jokowi

Selama ini perjalanan Semarang ke Yogyakarta memakan waktu 3 jam. Tetapi setelah proyek jalan tol Yogyakarta – Bawen ini selesai, akan mempersingkat waktu tempuh menjadi 1,5 jam.

Proyek infrastruktur jalan tol Yogyakarta – Bawen akan dikerjakan dalam 6 seksi. Seksi pertama yang diprioritaskan adalah tol Sleman – Banyurejo dengan panjang kurang lebih 8 kilometer.

Seksi kedua yaitu rute Banyurejo – Borobudur, Seksi ketiga Borobudur – Magelang, seksi keempat Magelang – Temanggung, seksi kelima Temanggung – Ambarawa dan seksi keenam Ambarawa – bawen.

Proyek jalan tol seksi 6 menjadi prioritas lanjutan dan mulai dikerjakan dengan target rampung pada kuartal 4 di bulan Oktober – Desember 2024

Menurut informasi dari Kementerian PUPR, jalan tol Sleman – Banyurejo ditargetkan rampung pada awal tahun 2024 akan beroperasi lebih dulu. Tol ini nantinya akan terhubung dengan jalan tol Jogja – Solo (Joglo).

Adapun ujung utara proyek Yogyakarta – Bawen akan terhubung langsung dengan jalan tol Semarang – Solo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat