bdadinfo.com

Suku Minangkabau Tak hanya Cerita Rakyatnya Melegenda melainkan Miliki Sandal Unik Kebanggaan Khas Minang: Terbuat dari Apa? - News

Sandal unik suku Minangkabau di Sumatera Barat

- Suku Minangkabau berasal dari Provinsi Sumatera Barat dengan cerita rakyatnya yang melegenda membuat suku Minang dikenal luas di Indonesia.

Berdasarkan keterangan hasil sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik pada 2010 suku Minangkabau berada di urutan ketujuh suku dengan populasi terbanyak di Indonesia.

Terdapat lebih dari enam juta suku Minang yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air, Indonesia tepatnya.

Baca Juga: Persiapan Libur Nataru di Sumatera Barat! Inilah Rencana Wisata Selama Tiga Hari

Suku Minangkabau sebagian besar tinggal di tanah asalnya yaitu Sumatera Barat dengan Padang sebagai ibu kota provinsi.

Adapun penduduk Sumatera Barat berjumlah 4,8 juta jiwa yang didominasi masyarakat beretnis Minang, karena itu wajar apabila Sumatera Barat dikenal lewat suku Minangkabau.

Dengan adanya sejarah Sumatera Barat bermula pada masa kerajaan Adityawarman, yang merupakan tokoh penting di ranah Minang.

Baca Juga: Sukses Penuhi Kebutuhan Nasabah, Bank Mandiri Raih Penghargaan Marketing Company of the Year 2023 versi AMF

Adityawarman tidak ingin disebut sebagai Raja, meskipun sempat memerintah di wilayah Pagaruyung daerah pusat kerajaan Minangkabau.

Walaupun Adityawarman merupakan Raja yang berjasa memberikan sumbangsih untuk alam Minangkabau.

Setelah itu, Adityawarman juga orang pertama yang memperkenalkan sistem kerajaan di Sumatera Barat.

Baca Juga: Intip Yuk! Inilah Progres Proyek Pembangunan Gedung Perpustakaan Terbesar di Kabupaten Solok Telan Biaya Rp10 Miliar

Namun sejak pemerintahan Raja Adityawarman tepatnya pertengahan abad ke-17, provinsi ini lebih terbuka dengan dunia luar, khususnya Aceh sebagaimana dikutip dari katadata.co.id.

Adanya hubungan dengan Aceh semakin intensif melalui kegiatan ekonomi masyarakat, kemudian berkembang nilai baru menjadi landasan sosial budaya masyarakat Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat