bdadinfo.com

Ampun! Bikin Malu Sumatera Barat, Jalan Tol Padang-Sicincin Jadi Proyek Mangkrak Paling Ribet Se-Indonesia Karena 13 Orang ini - News

Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat yang menjadi salah satu proyek yang berjalan dengan waktu lama di Indonesia, diketahui proyek ini sempat diwarnai kasus korupsi yang menjerat 13 tersangka ((Dok: Hutama Karya))

- Proyek kebangaan masyarakat Sumatera Barat Jalan Tol Padang Sicincin saat ini masih terus berlangsung pembangunannya.

Jalan Tol Padang Sicincin sendiri dimulai pembangunannya sejak tahun 2018 dan hingga kini menjelang tahun keenam proses pembangunan, tol tersebut belum juga selesai.

Proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Padang Sicincin sendiri menjadi salah satu yang paling rumit dan berjalan sangat lambat di Indonesia.

Baca Juga: Yeay! 2 Hari Lakukan Uji Laik Fungsi, Jalan Tol di Sumatera Utara ini Siap Tambah Daftar Panjang Tol Terbaru di Tahun 2023

Bahkan, menjelang tahun keenam pembangunannya, Jalan Tol Padang Sicincin di Sumatera Barat ini belum juga menyentuh progres 50 persen pembangunan. 

Sejumlah alasan melatarbelakanginya, salah satunya adalah adanya kasus korupsi proyek Jalan Tol Padang-Sicincin tersebut tercium oleh para pengadil di tahun 2020 silam. 

Adapun kerugian negara akibat adanya kasus korupsi pada proyek pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin di Sumatera Barat tersebut ditaksir mencapai Rp27.460.213.941.

Baca Juga: Carut Marut Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Akhirnya Terselesaikan, Ternyata ini Strategi yang Dilakukan Pemda Sumatera Barat

Kerugian sekira Rp27 miliar tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Barat melalui laporan perhitungan kerugian keuangan negara.

Kasus korupsi proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Padang-Sicincin tersebut setidaknya menyeret 13 nama, diantaranya:

Syamsuardi, Buyung Kenek, Yuniswan, Khaidir, Sabri Yuliansyah, Raymon, Husen, Syamsul Bahri, Nazaruddin, Syafrizal, Upik Suyati, Riki Nofaldo, dan Jumadil.

Baca Juga: Proyek Tol Riau Sudah Beres, Sumatera Barat Kini Jadi Buruan Pemerintah: Pembangunannya Siap ‘Dihajar’ Mati-matian

Sejumlah oknum yang terlibat dalam kasus korupsi Jalan Tol Padang Sicincin tersebut turut datang dari sejumlah instansi pemerintahan.

Adapun lahan Jalan Tol Padang-Sicincin seksi Kapalo Hilalang-Lubuk Alung-Padang Stasiun (STA) 4+200 sampai STA 36+600 Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat lah yang menjadi bahan utama di kasus tersebut

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat