bdadinfo.com

Proyek Jalan tol Padang Sicincin Maju Mundur! Pemda Sumbar Puyeng 7 Keliling Mikirin LSM dan Masyarakat Tolak Proyek Jalan Tol - News

Proyek jalan tol di Sumatera Barat maju mundur (hutamakarya.com)

 

 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru–Padang, Seksi 1 jalan tol Padang Sicincin sepanjang 36,6 km.

Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kecepatan pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru ini akan sangat tergantung pada dukungan pemerintah daerah (Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait) dalam pembebasan lahan yang dilalui jalan tol Padang Sicincin.

Baca Juga: Otorita IKN Komitmen Mengatasi Perubahan Iklim dan Deforestasi, Begini Upaya yang Dilakukan untuk Mewujudkan Net Zero Emisi

"Kuncinya sekarang ada Pemerintah Kabupaten, Kota dan juga Provinsi. Seandainya tanahnya clear, maka kita siap untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunannya," kata Menteri Basuki.

Pembangunan Tol Padang Sicincin dimulai pada Februari 2018 dengan progres konstruksi saat ini mencapai 45,5 persen dan progres pembebasan lahan 81,2 persen.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan jalan tol untuk membantu Kementerian PUPR seperti pemberkasan dan mediasi sengketa.

Baca Juga: Fakta Unik Kapal Pinisi, Sebagai Warisan Indonesia yang Telah Diakui oleh UNESCO

Ditargetkan pembebasan lahan dapat selesai 100 persen pada Desember 2022, sehingga percepatan konstruksi dapat dilakukan dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Jalan Tol Padang Sicincin merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km dengan rincian Seksi 1 Padang–Sicincin.

Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Baca Juga: Dilengkapi Flyover di Atas Rel dan Pemandangan Hamparan Sawah yang Elok, Ini Progres Tol Padang Sicincin

Diketahui, pembanguan mega proyek jalan tol sirip Sumatera Barat ke Pekanbaru Riau seolah tiada henti selama hampir lima tahun. 

Akhir 2023 memasuki tahun 2024 Forum Masyarakat Terdampak Jalan Tol 50 kota (Format) 50 Kota yang didampingi oleh Walhi Sumatera Barat mendatangi rumah dinas Gubernur Sumbar Rabu sore 24 Maret 2023 yang lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat