bdadinfo.com

Muhammad Sirod: Saat Shalat yang Betul Aamiin bukan Amin, Harus Menggunakan Mad - News

Muhammad Sirod

- Forum Alumni Peduli NKRI Muhammad Sirod mengingatkan kepada kaum muslimin di seluruh Indonesia agar tidak ragu melantunkan kata aamiin saat shalat.

Muhammad Sirod yang juga alumni Pondok Akhlak Adh-Dhuha dan PPM Al-Inayah Darmaga Bogor ini mengatakan, melantunkan kata aamiin itu bagian dari contoh yang diajarkan Rasulullah dalam shalat berjamaah atau bahkan sendirian.

"Bahkan para guru menyarankan untuk melafazkan dengan jahr atau keras," kata di Jakarta, Kamis 21 Desember 2023.

Baca Juga: Jadi Isu Hangat di Pilpres 2024, Ternyata Stunting Ada Kaitan Erat dengan Sejarah Hari Ibu, Kenapa?

Namun dia mengingatkan, kata amin juga bisa membuat shalat tidak sah. Karena yang betul aamiin. "Menggunakan mad," katanya.

Mad adalah membaca panjang huruf hijaiyah di dalam Al-Qur'an sebab bertemu satu di antara tiga huruf, alif, wau, ya.

Kata-kata amin dalam shalat ini ramai setelah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas bercanda tentang shalat saat sambutan rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Selasa 19 Desember.

Baca Juga: Pemudik Wajib Tahu! Daftar Lengkap 59 Titik Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa, Ada yang Memiliki Fasilitas Isi Daya Mobil Listrik

Zulhas yang juga Ketua Umum PAN itu menyebut kini terdapat orang yang enggan mengucapkan "aamiin" usai Al-Fatihah saking cintanya pada capres Prabowo Subianto.

Sirod berharap pernyataan Zulhas itu tidak digoreng untuk kepentingan politik 2024. "Jangan mempolitisir agama untuk kepentingan parsial dan politik praktis," kata anggota Dewan Pakar TKN Prawobo-Gibran ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat