bdadinfo.com

Viral di Jagatmaya! Bikin Bangga Orang Sumatera Barat, Surau Pertama di Sydney Dibangun Orang Minang dan Diresmikan Gubernur Sumbar - News

Gebernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. gelar Datuak Marajo meresmikan di Gertmore Avenue No.1 Bankstorwn, New South Wales,  Rabu jumat (24/11) malam waktu australia baru-baru ini.

- Gebernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. gelar Datuak Marajo meresmikan di Gertmore Avenue No.1 Bankstorwn, New South Wales, baru-baru ini.

Dalam peresmian tersebut menandakan kehadiran Surau pertama milik orang minang di Luar Negeri.

Hal tersebut cukup membanggakan bagi masyarakat di Sumatera Barat baik yang ada di perantauan maupun di Sumbar.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Ternyata Belum Selesai Pembangunannya Tapi sudah Dibuka dan Dilintasi Warga: Apa Nggak Bahaya?

“Ini adalah sejarah bagi kita masyarakat Minang dengan hadirnya Surau Sydney Australia yang di wujudkan para perantau dan tokoh Diaspora Minang yang ada di australia” tegas gubernur sumbar yang meresmikan langsung Surau Pertama di Luranegri yang di hadirkan para perantau Asal sumatera barat.

Tentunya dengan kehadiran Surau Sydney Australia tersebut, terang gubernur akan mampu menjadi sarana tempat Ibadah, tempat berkumpul.

Dan sebagai sarana pendidikan dalam melestarikan kebudayaan minang bagi generasi muda minang yang tinggal dan sekolah di luar negeri khusus nya australia.

“Menjadi Pusat Komunitas yang Berakhlak Mulia, Berdaya Saing tinggi dalam teknologi, dan Berbasis Ajaran Islam (ABS-BSK) serta Kebudayaan Minangkabau di Seluruh Dunia, merupakan Visi dan semangat yang dihadirkan dunsanak kita Surau Sydney Australia, sekali lagi selamat terang,” terang Gubernur Mahyeldi.

Sementara, Ketua Minang Saiyo Yusuf Rizal, dalam sambutannya menekankan bahwa kehadiran Surau Sydney terbut merupakan kebanggaan masyarakat Minang di Sydney dan Auatralia khususnya.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Mundur 1 Bulan, Januari 2024 Baru Rampung Keseluruhan: Ternyata ini Pemicunya

Surau Sydney adalah wujud kebanggaan masyarakat Rantau dalam upaya melestarikan budaya minang di Rantau dan juga sebagai sarana pendidikan agama bagi generasi muda minang di Sydney dan Australia umumnya.

“Berkat kebersamaan dan semangat dunsanak kita di Rantau serta sejumlah tokoh minang yang berkontribusi terwujudnya Surau minang ini, tentunya kita berharap, apa yang sudah Diresmikan ini berguna untuk kita dan generasi kita berikutnya,” terang Ketua Minang Saiyo Yusuf Rizal

Sementara itu consul genderal RI Sydney Australia Verdi Kurnia yang ikut hadir dalam peresmian surau tersebut, menyampaikan Surau Sydney adalah sejarah dan terobosan besar yang dihadirkan masyarakat minang dan masyarakat indonesia yang ada di australia.

Dia berharap dengan hadirnya Surau yang menjadi identitas masyarakat minang, akan mampu menjaga nilai-nilai pendidikan dan budaya asal sumbar di Australia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat