bdadinfo.com

Ayo Cobain! Mudik Nataru Lewat Pansela Bisa Nikmati Eksotisme Laut yang Memukau - News

Jalur Lintas Selatan. (Tangkap layar Instagram.com/@kemenpupr)

- Kementerian PUPR telah menyelesaikan proyek pembangunan ruas jalan Jalur Lintas Selatan (JLS) atau yang dikenal juga dengan sebutan Pansela.

Ruas Pansela yang baru diselesaikan adalah Jalan Lot 6 Prigi-Bts. Kabupaten Tulungagung-Klatak-Brumbun, Provinsi Jawa Timur.

Penyelesaian pembangunan Pansela ini dikebut mengingat masa libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Jalan Lot 6 dibuka sebagai upaya mendukung mudik Nataru.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Sunset di Puncak Mandeh di Sumatera Barat: Kawasan Wisata Bahari yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Jalan ini akan memfasilitasi para pemudik dan wisatawan yang akan menuju Jawa Timur, baik dari Yogyakarta maupun Jawa Barat sudah bisa melewati jalur selatan ini.

Jalan Lot 6 ini membentang sepanjang 18,3 km. Tahap konstruksinya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2020 dan telah rampung pada Juni lalu.

Para pemudik yang melintasi Jalan Lot 6 akan disuguhkan eksotisme pemandangan laut dengan ombak birunya.

Baca Juga: Cocok Buat Para Pria! Ini Resep Teh Talua Khas Sumatera Barat yang Bisa Tingkatkan Stamina

Terdapat sejumlah pantai yang membentang di sepanjang Jalan Lot 6, antara lain Pantai Ngelarap Besuki, Gemah, Kuteng Watimulyo, Karanggonso, dan Pasir Putih.

Saat ini, pembangunan JLS Provinsi Jawa Timur terus dilanjutkan guna memperlancar aktivitas ekonomi dan mempermudah akses pariwisata.

Tujuan utama pembangunan JLS adalah untuk mempromosikan wisata yang ada di sisi selatan Jawa Timur yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Baca Juga: Apa Saja sih Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan? Berikut Penjelasannya

“Kita terus mempromosikan jalur selatan karena tidak hanya jalannya yang bagus, tetapi juga menawarkan pemandangan yang indah,” kata Menteri PUPR Basuki, seperti dilansir dari laman PUPR, Minggu, 24 Desember 2023.

Selain itu, jalur selatan juga bertujuan mengurangi beban lalu lintas di jalur Pantura. JLS akan menjadi jalur alternatif yang dapat membantu mengurai kepadatan di sisi utara Pulau Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat