bdadinfo.com

Dijamin Kuat Melek ! Begadang Dengan Secangkir Teh Talua Khas Minangkabau dari Sumatera Barat di Malam Tahun Baru 2024 - News

Cara membuat Teh Talua, minuman khas Sumatera Barat

- Pemerintah Kota Bukittinggi telah berhasil memecahkan Rekor MURI atas sajian teh talua terbanyak lebih dari 5.110 gelas minuman khas yang disajikan dalam Peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional pada tahun 2022.

Teh talua adalah minuman populer di Ranah Minang yang mudah ditemukan di setiap rumah makan dan warung, sehingga seakan menjadi menu wajib untuk pengunjung.

Diketahui hidangan Teh Talua ini menjadi salah satu minuman pembangkit energi atau stamina, karena di dalamnya mengandung campuran teh, telur, dan susu.

Baca Juga: The Logan Sapphire, Salah Satu Batu Safir Biru 423 Karat Terbesar di Dunia

Dari penelusuran beberapa narasumber terpercaya, minuman yang sudah ada sejak masa tanam paksa Belanda terhadap masyarakat atau pekerja Sumatera Barat.

Pada masa itu, ada larangan dari Belanda kepada masyarakat mengkonsumsi kopi seperti yang Belanda minum, akibatnya para pekerja membuat cara lain.

Adapun cerita lainnya dari Teh Talua ini ialah dahulu ketika membangun Jam Gadang, menaranya terbuat dari kapur, pasir putih, dan putih telur.

Baca Juga: Apa Itu Stiff Person Syndrome? Mengenal Lebih Lanjut Penyakit Yang diderita Oleh Celine Dion

Lantas, kuning telur itulah yang pekerja olah, dan mencampur dengan teh yang kemudian menjadi dugaan asal mula terciptanya teh telur.

Kemudian, minuman ini terus berkembang dan sempat hanya kalangan elit saja yang mengkonsumsinya.

Namun, bagaimana cara membuatnya?Simak Yuk resep dan bahannya dibawah ini:

Baca Juga: Menikmati Keindahan Sunset di Puncak Mandeh di Sumatera Barat: Kawasan Wisata Bahari yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Bahan

a. 1 butir kuning telur ayam kampung atau bebek

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat