bdadinfo.com

Sumbar Gaspol Eksekusi Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik, Erick Thohir Berharap Tuntas Tahun Segini - News

Sumbar Gaspol Eksekusi Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik, Erick Thohir Berharap Tuntas Tahun Segini (pu.go.id)

Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) bakal segera disibukkan dengan pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik.

Menteri BUMN, Erick Thohir berharap bahwa mega proyek tersebut dapat tuntas dan beroperasi dengan segera.

Jalan Sitinjau Lauik adalah salah satu jalanan yang terkenal di Sumbar. Namanya tersohor karena dianggap sebagai salah satu rute atau jalan yang ekstrim yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Jalan Terus! Tol Jambi – Rengat Tahapannya Sudah Sampai Sini, Kapan Mulai Konstruksinya? 

Seperti pada lazimnya jalanan di pegunungan, jalan Sitinjau Lauik ini juga penuh tantangan untuk melewatinya karena terkenal dengan kecuramannya dan tikungan serta tanjakannya.

Tanjakan dan tikungan yang sering viral di media sosial karena insiden banyaknya kendaraan gagal menanjak akan dibenahi.

Rencananya akan dibangun jembatan layang atau fly over agar mempermudah akses pengendara.

Baca Juga: Tol Jambi – Rengat Didominasi Menerobos Kawasan Hutan dan Bukan Tanah Warga, Daerah Mana Saja yang Terdampak? 

Sitinjau Lauik merupakan tanjakan ekstrim namun juga menyuguhkan pemandangan indah untuk mereka yang melintasi di Jalan Raya Padang Solok, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ruas jalan sepanjang kurang lebih 15 km tersebut dikenal dengan tikungannya yang ekstrim, selain itu pengguna jalan juga akan melalui tanjakan yang cukup curam.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik sepanjang 10,5 km dengan nilai investasi Rp4,8 triliun ini akan dibangun oleh PT Hutama Karya dengan skema KPBU bersama Kementerian PUPR.

Baca Juga: Tol Jambi – Rengat Didominasi Menerobos Kawasan Hutan dan Bukan Tanah Warga, Daerah Mana Saja yang Terdampak? 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pembangunan ini untuk mendukung pengembangan pariwisata di Sumatera Barat.

Selain itu juga sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap Sumatera Barat yang selama ini menjadi wilayah dengan tokoh-tokoh nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat