bdadinfo.com

Ancaman Krisis Ekonomi, Inflasi Argentina Tembus 211 Persen, Tertinggi Sejak 1990-an - News

Ilustrasi (reuters.com)




- Tingkat inflasi tahunan Argentina mencapai lebih dari 211 persen pada Desember 2023, menjadikan situasi saat ini sebagai inflasi tingkat tertinggi sejak awal tahun 1990-an.

Dikutip dari Reuters pada Jumat 12 Januari 2024,  saat ini Presiden Javier Milei sedang berusaha mencegah hiperinflasi dengan langkah-langkah penghematan yang ketat.

Inflasi bulanan Argentina juga mencapai 25,5 persen pada Desember 2023, sedikit di bawah perkiraan, setelah mengalami devaluasi tajam terhadap mata uang peso.

Angka inflasi ini menjadikan Argentina melampaui tingkat inflasi di Venezuela, negara tetangganya, yang diperkirakan mencapai 193 persen pada tahun 2023.

Baca Juga: Menpora Sambut Pengurus Baru PP PKSI, Dukung Populerkan Olahraga Korfball

Venezuela telah menghadapi krisis ekonomi dan kenaikan harga yang tidak terkendali selama bertahun-tahun.

Tingginya angka inflasi telah memberikan dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari warga Argentina.

Susana Barrio, seorang pensiunan berusia 79 tahun, merasa kesulitan untuk mengundang teman-temannya untuk acara barbeque asado, yang telah lama menjadi tradisi sosial penting di Argentina.

Pasalnya, harga bahan makanan melonjak pesat, naik lebih dari 2 kali lipat dari harga normal.

"Kegembiraan yang saya dapatkan saat mengundang teman-teman saya untuk acara barbeque, hal yang biasa terjadi di sini, sekarang itu tidak mungkin," kata Barrio.

Meskipun Argentina telah lama dihadapkan pada inflasi yang tinggi, tingkat kenaikan harga saat ini mencapai puncak tertinggi sejak awal 1990-an, saat negara itu keluar dari periode hiperinflasi.

Baca Juga: Bingung Memilih Sekolah? Kenali dulu 4 Kurikulum di Indonesia, Mana yang Terbaik?

Presiden Javier Milei, yang baru menjabat sebagai Presiden Argentina selama satu bulan, berupaya menerapkan langkah-langkah penghematan yang ketat untuk mengatasi inflasi.

Langkah tersebut melibatkan pengurangan defisit fiskal yang besar dan upaya membangun kembali kas pemerintah.

Meski Milei telah memperingatkan bahwa proses ini akan memakan waktu, dia optimis bahwa kondisi ekonomi Argentina akan membaik, meskipun situasi bisa saja memburuk sebelum menjadi lebih baik.

Banyak warga Argentina yang merasakan tekanan ekonomi ini dengan menghemat bahan pokok, dan beberapa di antaranya sudah terjebak dalam kemiskinan.

Bahkan di beberapa lokasi di Argentina, terlihat sejumlah warga sampai harus mengais tempat sampah untuk mencari makanan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat