bdadinfo.com

Erupsi Hebat Gunung Marapi, Masyarakat di Sumatera Barat Waspada Terhadap Ancaman Abu Vulkanik - News

Gunung Marapi kembali mengalami erupsi dan memuntahkan abu vulkanik (Instagram @gadihbujang_minang)

- Gunung Marapi, yang terletak di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, kembali membuat gejolak pada Minggu, 14 Januari 2024.

Peristiwa ini terpantau dari Batang Silasiah, menarik perhatian warga sekitar.

Menurut Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi, erupsi terjadi pada pukul 06.21 WIB, memuntahkan abu vulkanik setinggi sekitar 1.300 meter dari puncak gunung.

Erupsi Gunung Marapi ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat sekitar, terutama karena tingginya kolom abu yang menyelimuti langit.

Baca Juga: Goda Netizen dengan Teaser, Itel Indonesia akan merilis Smartphone P55 NFC pada 17 Januari 2024

Meskipun tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan signifikan pada tahap awal ini, namun pos pengamatan dan instansi terkait terus memantau perkembangan situasi.

Pos Pengamatan Gunung Api Marapi juga mencatat bahwa setelah erupsi, terjadi hujan abu bercampur air di sekitar kaki gunung.

Hujan abu ini dapat memberikan dampak pada lingkungan sekitar, termasuk pertanian dan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, pihak berwenang segera melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi potensi dampak negatif yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Cara Ganjar Realisasi Visi Misi Lingkungan Hidup: Bikin Inovasi Gas Rawa!

Pada saat erupsi terjadi, sejumlah warga di Batang Silasiah melaporkan melihat kolom abu menjulang tinggi dari Gunung Marapi.

Beberapa di antaranya menyatakan kekagetan dan kekhawatiran akan berlanjutnya aktivitas vulkanik yang dapat membahayakan keselamatan mereka.

Namun, pihak berwenang segera merespons dengan memberikan informasi terkini kepada masyarakat dan mengimbau agar tetap waspada.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga turut aktif dalam memberikan informasi terkini terkait kondisi Gunung Marapi.

Baca Juga: Ganjar Sebut Ganti Rugi Warga Wadas Tinggal Tiga Orang, Tak Gentar Dibahas di Debat Capres

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat