bdadinfo.com

Estimasi Biaya Capai Rp5 Triliyun, Usulan Pembangunan Jembatan Tercanggih dengan Pembangkit Listrik Ini Apa Kabar? - News

Ilustrasi jembatan dengan pembangkit listrik NTT (Instagram @djebtke)

- Sebuah rencana mencengangkan pembangunan jembatan tercanggih yang dilengkapi dengan pembangkit listrik pernah tersiar.

Tahun 2016 lalu, pembangunan jembatan canggih yang dijuluki Jembatan Pancasila Palmerah ini disebutkan akan dibangun di Nusa Tenggara Timur.

Rencananya, Jembatan Pancasila Palmerah akan dibangun di atas Selat Larantuka sebagai penghubung Pulau Flores dan Pulau Adonara di NTT.

Baca Juga: Jalan Tol Pekanbaru-Padang: Penyelesaian Ruas Bangkinang-Pangkalan pada Pergantian April 2024

Karena lokasi inilah Jembatan Pancasila Palmerah disebut memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Selat Larantuka sendiri memiliki besaran arus laut mencapai 3,4 m/s yang berpotensi dimanfaatkan jadi pembangkit listrik.

Pihak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur juga telah melakukan pra studi kelayakan terkait rencana pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah ini.

Baca Juga: 5 Jalan Terindah untuk Dijelajahi di Sumatera Barat, Kelilingi Keindahan Tiada Tara Hingga Jadi Magnet Wisatawan

Dari proses ini kemudian dihasilkan kesimpulan bahwa Jembatan Pancasila Palmerah layak dibangun secara ekonomi dan teknis yang dapat dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga arus laut.

Potensi ini bahkan sudah dilirik oleh investor dari mancanegara seperti Belgia dan Belanda.

Proyek ini diprediksi akan menjadi proyek pertama pembangunan jembatan dengan pembangkit listrik dengan potensi rata-rata 30 MW.

Baca Juga: Mengenal Asmaulhusna, Kunci Jawaban PAI Kelas 1 Halaman 115 117 118 Bab 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Aspek lain berkaitan dengan rencana pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah ini yaitu proses pra-feasibility study atau berkaitan dengan aspek teknis.

Dalam hal ini ditentukan konstruksi utama jembatan suspension bridge dengan panjang mencapai 800 meter dan ketinggian di angka 40 meter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat