bdadinfo.com

Rajin Mengikuti Tutorial Robotika di Youtube, Pemuda India Ini Ciptakan Alat Pendeteksi Kondisi Pasien Alzheimer - News

Hemesh Chadalavada dalam suatu seminar mempresentasikan Alpha Monitor (Theguardian)

- Namanya Hemesh Chadalavada, pemuda 17 tahun dari India yang menciptakan Alpha Monitor, suatu alat untuk mendeteksi kondisi pasien Alzheimer.

Chadalavada belajar robotika dan elektronika secara otodidak dengan rajin mengikuti tutorial di Youtube.

Berkat ketekunannya, ia berhasil mengembangkan 20 prototipe perangkat pendeteksi pasien Alzheimer.

Baca Juga: Buat ARMY Bangga! RM dan V BTS Lulus Pelatihan Militer, Dapat Penghargaan ‘Elite Trainee’ 

Chadalavada membuat berbagai penemuan sebagai hal yang menyenangkan karena hal itu seolah terjadi secara alami.

Saat berusia 12 tahun, Chadalavada membuat detektor panas untuk memantau suhu tubuh teman-temannya saat mereka bermain kriket.

“Kami semua suka bermain kriket, bahkan di musim panas. Namun banyak teman saya yang jatuh sakit. Saya menginginkan sesuatu yang memungkinkan kami memaksimalkan kesenangan bermain selama mungkin dan mengetahui kapan kami harus berhenti karena tubuh kami kepanasan,” katanya, seperti dikutip dari situs The Guardian.

Chadalavada bercerita bahwa sumber inspirasinya menciptakan alat pendeteksi pasien Alzheimer adalah neneknya ketika dia menghabiskan musim panas dengannya pada tahun 2018.

Baca Juga: Dipastikan Hoaks, Iklan Judi Online Menggunakan Teknologi AI Suara Orang Terkenal Sangat Meresahkan

Suatu malam, Chadalavada, saat itu berusia 12 tahun, sedang duduk sendirian menonton televisi. Lalu neneknya terbangun dengan mengenakan baju tidur dan pergi ke dapur membuat teh.

Ketika neneknya kembali ke kamar, Chadalavada pergi ke dapur dan menemukan bahwa neneknya, yang berusia 63 tahun, membiarkan kompor gasnya masih menyala.

“Nenek baru saja didiagnosis mengidap Alzheimer. Namun saat itu saya masih merasa syok, apa yang akan terjadi jika saya tidak berada di sana?” kata Chadalavada.

Chadalavada mengenal Jayasree, nama neneknya, sebagai pribadi penyayang serta seorang wanita yang dinamis dan sukses. Jayasree memiliki karir penting sebagai pegawai negeri, berinteraksi dengan politisi dan pembuat kebijakan terkemuka di negara bagian Telangana.

Baca Juga: Ayo Berlatih Bab 10 Empat Tokoh Tasawuf Termasuk Imam Al Ghazali, Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 11 Halaman 211

Namun penyakit Alzheimer mengubah diri Jayasree sepenuhnya. Chadalavada berkata, “Nenek biasanya bangun jam 3 atau 4 pagi dan pergi keluar mengira dia sedang naik kereta.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat