bdadinfo.com

Jaga Kestabilan Harga Beras, Pemko Padang Panjang akan Gelar Operasi Pasar - News

Jaga Kestabilan Harga beras, Pemko Padang Panjang akan Gelar Operasi Pasar (IST)


PADANG PANJANG, -- Sebagai antisipasi kenaikan harga beras di Kota Padang Panjang, Pemko akan melakukan operasi pasar murah di Pasar Pusat dalam waktu dekat.

Hal ini mengemuka dalam rapat pembahasan Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kota Padang Panjang yang dipimpin Pj Sekdako, Dr. Winarno, M.E diikuti Asisten II, Ewasoska, S.H, Kepala BPS Padang Panjang, Joni Suryadi, S.E, M.M serta beberapa instansi terkait, Rabu (24/1) di Ruang VIP Balai Kota.

Winarno menyebutkan, sesuai arahan Mendagri dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (21/1) lalu, setiap Pemerintah Daerah diminta agar mengantisipasi kenaikan harga beras.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Vivo Y100 5G yang Resmi RIlis Hari Ini di Indonesia, Berminat Bawa Pulang?

"Beras sebagai komoditi tertinggi, pergerakan fluktuasinya sangat berpengaruh terhadap IPH. Sebenarnya harga beras saat ini relatif stabil di Padang Panjang. Namun sebagai upaya untuk tetap menjaga kestabilan harga beras tersebut, Pemko melalui Dinas Pedakop UKM serta Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) akan menggelar operasi pasar pada Jumat (26/1) lusa di Pasar Pusat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P mengungkapkan, beberapa faktor yang mempengaruhi harga beras saat ini, di antaranya pasokan dan curah hujan.

Baca Juga: Tim Balap VR46 Umumkan Livery Baru MotoGP 2024, Nuansa Indonesia Hadir di Dalamnya

"Di samping itu, dampak erupsi Gunung Marapi juga sangat berpengaruh terhadap kualitas produksi pertanian termasuk produksi beras," tuturnya.

Sebelumnya dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah tersebut terungkap, Kota Padang Panjang termasuk 10 kabupaten/kota dengan persentase kenaikan harga beras tertinggi pada Januari hingga desember 2023 dengan kenaikan sebesar 3,13 persen. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat