bdadinfo.com

Satpol PP Damkar Padang Panjang Gelar Pelatihan untuk 425 Satlinmas - News

Satpol PP Damkar Padang Panjang Gelar Pelatihan untuk 425 Satlinmas (Kominfo Padang Panjang)


PADANG PANJANG, -- Sebanyak 425 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kota Padang Panjang, ikuti kegiatan pembukaan pelatihan peningkatan penguatan kapasitas anggota, di GOR Bancalaweh, Selasa (23/1).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kota melalui Satpol PP Damkar tersebut, dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si usai kegiatan apel bersama pasukan Satlinmas di tempat yang sama.

Dalam arahannya, Sonny menyampaikan, seluruh Satlinmas merupakan pilar terdepan dalam menjaga ketenteraman, ketertiban dan keamanan masyarakat pada saat Pemilu dan Pilkada 2024.

Baca Juga: IWAPI Pesisir Selatan Dukung Riset Aksi Uji Kelayakan Fasilitas Jalan dan Sarana

"Satlinmas mempunyai peran penting dalam upaya ikut membantu pemerintah dalam pencegahan, pengamanan, pertolongan, penyelamatan terhadap hal-hal yang bersifat urgensi. Maka Satlinmas diminta agar aktif dan giat dalam melaksanakan tugas pada Pemilu 2024," ucapnya.

Sonny menambahkan, rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada merupakan satu hal yang sangat penting. Maka itu perlu dipersiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mewujudkan pemilihan umum luber dan jurdil.

“Satlinmas pada hari ini dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi faktor penentu keberhasilan pelaksanaan kegiatan pemilihan umum. Semoga angka partisipasi masyarakat kita kali ini dapat meningkat daripada sebelumnya,” ujar Sonny.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Damkar, Benny, S.STP mengungkapkan, pelatihan dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020, yang mana Satlinmas selaku ujung tombak dari penyelenggara keamanan.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit X? Wabah yang Dianggap 20 Kali Lebih Berbahaya Menurut WHO

“Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari ini dengan jumlah peserta sebanyak 425 orang yang terdiri 196 TPS se-Kota Padang Panjang. Menghadirkan para narasumber dari KPU dan Bawaslu,” sebutnya.

Benny berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat membentuk petugas Satlinmas yang andal dan terampil untuk perlindungan masyarakat dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban umum pada penyelenggara Pemilu 2024.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, SSTP, M.Si, camat dan lurah, beserta perwakilan dari KPU dan Bawaslu Kota Padang Panjang serta jajaran Pol PP Damkar. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat