bdadinfo.com

KAI dan Perumnas Teken Kesepakatan Bangun Stasiun Baru di Bogor: Stasiun Lumpang Parayasa untuk Mendukung Hunian Berkonsep TOD - News

KAI dan Perumnas Teken Kesepakatan Bangun Stasiun Baru di Bogor (YouTube Top Konstruksi)

- Pada tanggal 17 Januari 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Perumnas melakukan penandatanganan pernyataan kerja sama untuk membangun dan mengembangkan stasiun baru.

Stasiun ini akan dibangun di Bogor, tepatnya di Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Stasiun ini, yang dinamakan Stasiun Lumpang Parayasa, akan terintegrasi langsung dengan Perumahan Samasta Parayasa yang dibangun oleh Perumnas di sekitarnya.

Stasiun tersebut diperuntukkan untuk meningkatkan nilai tambah dan aksesibilitas di kawasan perumahan Parung Panjang.

Baca Juga: Pimpinan Toyota Sampaikan Keraguan Terkait Transisi Penuh Ke Mobilitas Listrik, Akio Toyoda: Memenuhi Kebutuhan Pasar selain Mobil Hybrid dan Listrik!

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro, menyatakan bahwa pembangunan stasiun ini memberikan alternatif transportasi baru bagi masyarakat sekitar, selain mobil.

Stasiun Lumpang Parayasa juga mendukung implementasi hunian berkonsep TOD (Transit-Oriented Development) pada Semesta Parayasa.

Seperti dikutip dari YouTube Top Konstruksi, ini diharapkan akan dapat mengurangi masalah kemacetan dan polusi udara di wilayah tersebut.

Pembangunan stasiun ini diharapkan dapat merespons tantangan lingkungan sejalan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) pemerintah.

Baca Juga: Ketegangan di Laut Merah: Pelayaran Internasional Diancam oleh Serangan Houthi, Kapal Trafigura Menjadi Korban

Selain itu, diharapkan pula menciptakan siklus perekonomian dan gaya hidup baru bagi masyarakat sekitar.

Semesta Parayasa merupakan proyek pembangunan sektor 5 di Parung Panjang, yang merupakan inisiatif dari Perumnas, perusahaan umum perumahan nasional.

Kawasan ini memiliki total luas 200 hektar dengan konsep terintegrasi, dan Stasiun KRL Rumnas tengah mengembangkan kawasan ini sebagai hunian tapak pertama Perumnas yang berskala besar.

Semesta Parayasa terdiri dari tiga kluster, yakni kluster A, kluster B, dan kluster C, yang sedang dalam proses pengembangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat