bdadinfo.com

Dihapus dari PSN! Konstruksi Pembangunan Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Tetap Diteruskan, Kapan Rampung? - News

Dihapus dari PSN! Konstruksi Pembangunan Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Tetap Diteruskan, Kapan Rampung?   / Infopublik. Id

- Baik provinsi maupun kepulauan Riau tetap tidak ada habisnya dalam pengerjaan pembangunan justru semakin berkembang pesatnya.

Riau yang sangat dikenal sebagai daerah penghasil sawit maka Provinsi Riau juga terkenal dengan salah satu kawasan tujuan wisata di Sumatra.

Usut punya usut, ternyata jalan tol penghubung Riau dan Sumatera masih belum dapat dikerjakan oleh Kementerian PUPR karena telah dihapus dari daftar PSN dengan pertimbangan yakni Tol Dumai - Sigambal - Rantau.

Belum lama ini telah beredar kabar dari salah satu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa dihapusnya beberapa ruas pembangunan JTTS dari PSN karena Negara tidak memiliki anggaran.

Baca Juga: Rilis April 2024! Pembangunan Bandara Baru Bakal Jadi Terbesar di Sumatera Utara, Bukan di Kabupaten Asahan Melainkan Disini...

Sebelumnya, juga sudah dijelaskan apabila perhentian dilakukan sebab proyek belum dimulai dan tidak tersedianya anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pembangunan sebagaimana dikutip dari hutamakarya.com.

Beberapa Ruas JTTS yang disebutkan oleh Airlangga Hartarto seperti Tol Rantau-Parapat - Kisaran, Tol Langsa - Lhokseumawe dan Tol Lhokseumawe - Sigli, serta Tol Dumai - Sigambal - Rantau.

Namun, berdasarkan keterangan resmi dari Perpres No. 131 Tahun 2022 terkait Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatra, ruas tersebut yang masuk ke dalam pembangunan ruas JTTS Tahap III dan IV.

PT Hutama Karya Persero juga memberitahukan bahwa dasar dari pelaksanaan PSN ialah Permenko yang secara berkala akan terus diperbarui.

Baca Juga: Tidak Hanya Sumberdaya Alam, Konservasi Kebudayaan Juga Jadi Perhatian Utama Prabowo-Gibran

Walaupun telah dihapus dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mana salah satu pembangunan jalan tol Dumai - Sigambal - Rantau tetap diupayakan oleh Pemerintah.

Maka, pembangunan jalan tol lingkar Pekanbaru sedang dalam proses pengerjaan yang saat ini ditangani oleh Hutama Karya sebagai pelaksana kontraktor yang ditargetkan rampung akhir tahun 2024 mendatang.

Diketahui dalam melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II dari PT Hutama Karya Persero mengakselerasi rencana pembangunan jalan tol ruas Rengat – Pekanbaru Seksi Lingkar Pekanbaru inilah (Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru) memiliki panjang 30,57km.

Baca Juga: Tol Baru Penghubung Sumut-Aceh Ini Langsung Jadi Primadona! Medan ke Tanjung Pura Enggak Lagi 2 Jam Lewat Sini, Cuma Hitungan Menit

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat