bdadinfo.com

Kalah Pamor! Tol Penghubung Riau-Sumatera Utara ini Ditunda, Pemerintah Lebih Milih Rampungkan Tol Lingkar Pekanbaru di Akhir Tahun 2024 - News

Ilustrasi Jalan Tol Lingkar Pekanbaru di Provinsi Riau yang pembangunannya menjadi salah satu proyek prioritas Pemerintah Pusat. proyek ini lebih diprioritaskan dibandingkan dengan jalan tol penghubung Riau dan Sumatera Utara. (Dok: Media Center Riau)

- Provinsi Riau menjadi daerah yang paling banyak mendapat proyek pembangunan jalan tol dari rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Beberapa proyek mulai dari pembangunan jalan utama backbone, jalan tol sirip atau feeder juga hadir di Provinsi Riau ini.

Terbaru, Riau kini disibukkan dengan upaya penyelesaian proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Lingkar Pekanbaru.

Baca Juga: Sama-Sama Rampung di Tahun 2024, Begini Kabar Terbaru dari Proyek Tol Riau dan Sumatera Barat, Siapa yang Lebih Dulu Rampung?

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini akan menjadi jalan penghubung yang mengintegrasikan 3 (tiga) ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Tentunya keberadaan dari Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini begitu penting bagi Provinsi riau dan Jalan Tol Trans Sumatera itu sendiri.

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini direncanakan akan memiliki panjang 30,57 km dan menghubungkan jalan Tol Rengat – Pekanbaru, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang, dan Jalan Tol Pekanbaru – Dumai.

Baca Juga: Mantap! Ada Proyek Lama Senilai Rp500 Miliar yang Jalan Lagi di Padang, Progresnya Makin Kelihatan: Bakal Serap 3000 Tenaga Kerja

Bahkan, pemerintah diketahui lebih memprioritaskan penyelesaian Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini dengan sebuah jalan hubung antara Provinsi Riau dengan Sumatera Utara.

Jalan tol penghubung Riau dan Sumatera Utara tersebut adalah Jalan Tol Dumai Sigambal Rantau Prapat.

Merujuk data dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Jalan Tol Dumai Sigambal Rantau Prapat direncanakan akan dibangun dengan panjang 175 km.

Baca Juga: Deretan 12 Jalan Tol Mangkrak yang Disikat Jokowi, Ada Tol di Sumatera Selatan dan Proyek yang Mandek Selama 18 Tahun: Semua Dibereskan!

Jalan Tol Dumai Sigambal Rantau Prapat ini diharapkan menjadi jalan penghubung dua daerah yang diperkirakan pembangunannya menelan biaya hingga Rp49 triliun.

Jalan Tol Dumai Sigambal Rantau Prapat ini sendiri saat ini telah dihapuskan dari Proyek Strategis Nasional (PSN) karena sejumlah pertimbangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat