bdadinfo.com

Akan Rampung Tahun 2024, Intip Profil Jalan Tol Lingkar Pekanbaru di Provinsi Riau! - News

Ilustrasi (Youtube.com/TollroadIndonesia)




- PT. Hutama Karya membangun Jalan Tol di Provinsi Riau, pembangunan yang dilakukan yakni seksi lingkar Ruas Sengat Pekanbaru.

Tol Ruas Sengat - Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru memiliki panjang sepanjang 30,57 KM.

Penandatanganan kontrak pembangunan Tol Ruas Sengat - Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru sudah dilakukan pada awal September 2023.

Direktur operasi PT. Hutama Karya yakni Kuncoro menjelaskan bahwa pembangunan ini akan terkoneksi dengan tiga ruas JTTS.

Ruas jalan yang terkoneksi adalah Rengat - Pekanbaru, Pekanbaru - Bangkinang dan Pekanbaru - Dumai.

Baca Juga: 114 Peserta Ikuti Seleksi PPPK Pemko Padang Panjang

Kuncoro juga berharap terhubungnya konektivitas infrastruktur jalan tol ini dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan Provinsi Riau bisa menjadi Epicentrum di Sumatera.

Jalan tol ini diharapkan dapat selesai dan mulai operasi pada akhir tahun 2024 dan dapat meningkatkan arus pelayanan distribusi barang jasa dari Sumatera Barat ke Riau.

Harapan lainnya adalah untuk mengurai kemacetan di dalam kota Pekanbaru. Nantinya kendaraan logistik dari Sumatera Barat yang menuju ke Sumatera Utara sudah menggunakan tol to tol.

Tol ini juga bisa memudahkan konektivitas ke berbagai macam tempat pariwisata salah satunya ke Candi Muara Takus.

Baca Juga: Dapat Suntikan Dana Rp778 Miliar, Inpres Jalan Daerah Sumatera Utara Sudah Rampung 17 Persen?

Progres terbaru pembangunan jalan Tol Ruas Sengat - Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru sudah memasuki proses pengadaan lahan.

"Saat ini proses pengadaan lahan sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah. Tidak hanya mendukung distribusi logistik, jalan tol ini juga dapat menunjang mobilitas masyarakat" ujar Febry selaku Deputi Satu Kepala Staf Kepresidenan KSP.

Dengan pembuatan jalan Tol Ruas Sengat - Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang impresif di wilayah Sumatera.

Melalui kemajuan ekonomi nasional yang baik maka Indonesia dapat mengukuhkan posisinya di regional ASEAN sebagai pemain kunci kemajuan ekonomi wilayah Epicentrum Of Growth.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Tol Bocimi, Nomor 2 Bikin Penasaran

Hingga sekarang sudah ada 2 ruas jalan tol di Provinsi Riau yakni ruas Pekanbaru - Bangkinang dengan data LHR di bulan Juli mencapai 5.477 kendaraan.

Dan pada ruas Pekanbaru - Dumai LHR di bulan Juli mencapai 17.917 kendaraan.

Pembangunan ini akan meliputi konstruksi galian dan timbunan badan jalan, jembatan, lingkar Pekanbaru, rest area dan gerbang tol.

Untuk melengkapi fasilitas tol ini akan disediakan 3 underpass, 6 overpass, 3 interchange, 3 gerbang tol dan 1 pasang rest area tipe A.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat