bdadinfo.com

5 Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di Indonesia, Mulai dari Jawa Hingga Sulawesi: Tol Sumatera yang Mana?  - News

5 Jalan Tol yang  Pertama Beroperasi di Indonesia, Mulai dari Jawa Hingga Sulawesi: Tol Sumatera yang Mana?  (bpjt.pu.go.id)

Indonesia terus fokus pada pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah pada konstruksi jalan tol yang tersebar di berbagai wilayah demi membuka banyak konektivitas baru.

Adanya akses baru akan semakin mempermudah akses yang telah lebih dulu ada dan untuk menjangkau wilayah yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulwesi.

Nah berikut akan diulas mengenai jalan tol yang beroperasi pertama di kelima pulau berbeda di atas. Apa saja ya?

Baca Juga: Nikmati Konektivitas Baru di Sumut! Semula Habiskan Waktu 4 Jam, Lewat Jalan Tol yang Baru Diresmikan Jokowi Ini Cuma 2 Jam Saja Loh!

Pulau Jawa

Untuk jalan tol yang pertama kali beroperasi di Indonesia akan dibahas mulai dari Pulau Jawa.

Jalan tol Jakarta – Bogor – Ciawi atau yang lebih dikenal dengan jalan tol Jagorawi adalah tol yang tertua dan pertama kali beroperasi di Pulau Jawa sekaligus di Indonesia.

Panjang jalan tol Jagorawi mencapai 59 km dan sudah mulai beroperasi sejak tahun 1978 hingga saat ini.

Baca Juga: Berkat 2 Jalan Tol di Sumut yang Baru Diresmikan Jokowi, Jaringan Jalan Tol di Sumatera Utara Konektivitasnya Kian Menguat: Untung Banyak!

Pulau Sumatera

Berpindah ke Sumatera yang saat ini tengah disibukkan dengan pembangunan jalan tol Trans Sumatera (JTTS) di beberapa ruas utama dan siripnya.

Jalan tol pertama yang beroperasi di pulau ini adalah jalan tol Belawan – Medan – Tj Morawa atau yang disingkat menjadi jalan tol Belmera.

Memiliki panjang mencapai 34 km, jalan tol ini sudah beroperasi sejak tahun 1986.

Baca Juga: 3 Jalan Tol Tertua yang Terus Eksis Hingga Saat Ini di Indonesia, Sudah Pernah Lewat Semua Ruasnya Belum? 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat