bdadinfo.com

Berkat 2 Jalan Tol di Sumut yang Baru Diresmikan Jokowi, Jaringan Jalan Tol di Sumatera Utara Konektivitasnya Kian Menguat: Untung Banyak! - News

Berkat 2 Jalan Tol di Sumut yang Baru Diresmikan Jokowi, Jaringan Jalan Tol di Sumatera Utara Konektivitasnya Kian Menguat: Untung Banyak! (bpjt.pu.go.id)

2 (dua) ruas jalan tol Trans Sumatera (JTTS) baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 7 Februari 2024 lalu.

Kedua jalan tol tersebut bakal memberi banyak keuntungan bagi provinsi yang dilewatinya yakni Sumatera Utara (Sumut) karena berhasil semakin menguatkan konektivitas jaringan jalan tol di provinsi tersebut.

Pasalnya, jalan tol Indrapura – Kisaran seksi I Indrapura – Lima Puluh (15,6 km) garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), dan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat seksi I Tebing Tinggi – Indrapura (28 km) yang digarap oleh anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Marga Waskita (HMW) mampu mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi.

Baca Juga: 3 Jalan Tol Tertua yang Terus Eksis Hingga Saat Ini di Indonesia, Sudah Pernah Lewat Semua Ruasnya Belum? 

Peresmian kedua jalan tol tersebut dilakukan dengan ditandatanganinya dua prasasti yang dilakukan di Gerbang Tol (GT) Lima Puluh.

Berkat jalan tol tersebut, jaringan jalan tol akan mempersingkat konektivitas ke kawasan pariwisata di Danau Toba.

Selain itu juga mempersingkat waktu tempuh menuju daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca Juga: Pesaing Baru! Panjang Jalan Tol Ini Bakal Kalahkan Tol yang Menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Mulai Digarap Tahun 2024

Kemudian juga mempercepat waktu tempuh untuk perjalanan dari Medan atau sekitarnya menuju ke Kisaran.

Dengan terpangkasnya waktu tempuh maka kehadiran jalan tol ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi juga mendorong tumbuhnya wisata baru.

Untuk diketahui, jalan tol Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Seksi Indrapura - Lima Puluh yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Tol Baru Penghubung Sumut-Aceh Ini Langsung Jadi Primadona! Medan ke Tanjung Pura Enggak Lagi 2 Jam Lewat Sini, Cuma Hitungan Menit

Dengan pembangunan jalan tol ini diharapkan akan semakin banyak investasi dan investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatra Utara.

Harapan lainnya juga mampu meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi seperti Danau Toba dan sekitarnya, mengefisienkan biaya logistik, meningkatkan daya saing daerah serta menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat