bdadinfo.com

3 Jalan Tol Tertua yang Terus Eksis Hingga Saat Ini di Indonesia, Sudah Pernah Lewat Semua Ruasnya Belum?  - News

3 Jalan Tol Tertua yang Terus Eksis Hingga Saat Ini di Indonesia, Sudah Pernah Lewat Semua Ruasnya Belum?  (bpjt.pu.go.id)

Jalan tol merupakan komponen penting dalam meningkatkan transformasi ekonomi ke sektor manufaktur dan jasa.

Dengan adanya konektivitas baru maka jalan tol yang telah beroperasi dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk manfaat berkelanjutannya bagi masa depan Indonesia, jalan tol baru akan menghubungkan satu persatu wilayah di Indonesia.

Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai tiga jalan tol tertua yang telah selesai dibangun dan kini beroperasi:

Baca Juga: Pesaing Baru! Panjang Jalan Tol Ini Bakal Kalahkan Tol yang Menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Mulai Digarap Tahun 2024

  1. Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi

Tol yang lebih dikenal dengan tol Jagorawi ini merupakan jalan tol pertama dan tertua di Indonesia.

Dengan panjang mencapai 59 km, tol ini telah beroperasi sejak tahun 1978 dan terus digunakan hingga saat ini.

Tol ini juga terkoneksi dengan banyak tol lainnya seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung, Jalan Tol Cinere - Jagorawi, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi

Baca Juga: Sumatera Selatan Kejar Target Konstruksi Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 2 Selesai 2024: Bagaimana Nasib Seksi 1 dan 3? 

  1. Jalan Tol Semarang ABC

Beroperasi sejak tahun 1983, tol Semarang ABC ini memiliki panjang 24,75 km sekaligus menjadikannya berada di posisi kedua sebagai tol tertua yang beroperasi setelah tol Jagorawi.

Tol ini juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa dan tersambung dengan jalan tol Semarang – Solo di ujung selatan, dan di ujung baratnya tersambung dengan tol Semarang – Batang.

Baca Juga: Wow! Lewat Tol Palembang-Bengkulu Serasa Healing di Eropa, Ada Pemandangan Pegunungan ala Alpen: Target Selesai Tahun Segini 

  1. Jalan Tol Jakarta - Tangerang

Diresmikan pada tahun 1984, jalan tol Jakarta – Tangerang menjadi ruas tol tertua ketiga di Indonesia.

Dengan panjang mencapai 33 km, ruas tol Jakarta – Tangerang saat ini memiliki peran penting sebagai penghubung untuk beberapa ruas tol lainnya yang ada di Jakarta dan Banten.

Misalnya seperti ruas tol Tangerang - Merak, ruas tol dalam kota Jakarta, ruas tol lingkar luar Jakarta 1, dan ruas tol lingkar luar Jakarta 2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat