bdadinfo.com

Aksi Penolakan Rencana Pelantikan KONI Kota Sawahlunto, Jhon Reflita: Tidak Sah dan Cacat Hukum! - News

Spanduk berukuran besar bertuliskan Kami atas nama 23 cabor menolak pengukuhan serta pelantikan  pengurus KONI Sawahlunto periode 2024-2028 karena tidak sah dan cacat hukum terpampang disejumlah titik Kota Sawahlunto. (IST)


SAWAHLUNTO, - Spanduk berukuran besar bertuliskan "Kami atas nama 23 cabor menolak pengukuhan serta pelantikan pengurus KONI Sawahlunto periode 2024-2028 karena tidak sah dan cacat hukum" terpampang disejumlah titik Kota Sawahlunto.

Spanduk penolakan tersebut diantaranya terpasang di depan rumah dinas Pj wali kota serta di depan kantor DPRD Kota Sawahlunto.

Pemasangan baliho penolakan ini terkait dengan adanya persiapan pelantikan Kepengurusan Komite Nasional Olahraga Nasional (KONI) Kota Sawahlunto periode 2024 – 2028 yang akan dilantik pada hari Selasa (05/03) mendatang, berdasarkan rapat kepanitiaan pelaksana pelantikan KONI Kota Sawahlunto pada hari Sabtu (02/03).

Baca Juga: Gubernur Sumbar Apresiasi Padang TV Selama 17 Tahun Sajikan Informasi bagi Masyarakat

Ketua Umum Pordasi Kota Sawahlunto, Jhon Reflita saat dihubungi melalui telepon genggamnya mengaku heran dengan informasi akan dilakukannya pengukuhan dan pelantikan kepengurusan KONI Kota Sawahlunto ini.

"Bagaimana bisa dilantik. Prosedur awal saja sudah cacat hukum dan langgar AD/ART, dimana dari 34 cabor aktif dan memiliki suara yang sah, 23 diantaranya sejak awal sudah menentang dan menyatakan sikap menolak hasil musyorkot tersebut," sebut Jhon Reflita.

Aksi tersebut, lanjut Jhon Reflita, diaplikasikan melalui Surat mosi tidak percaya yang ditanda tangani langsung 23 Ketua Umum masing-masing cabor dan disampaikan langsung ke KONI Provinsi Sumatera Barat agar mengambil langkah tegas menunjuk caretaker atau pelaksana tugas untuk melaksanakan Musyorkot Luar Biasa ( Musyorkotlub) KONI Kota Sawahlunto.

"Kenapa harus dipaksakan juga untuk dilantik," tegasnya.

Baca Juga: Plh Dirjen Adwil Kemendagri Sebut Peluang Sumbar Kembali Jadi Tuan Rumah Iven Nasional Sangat Besar

Diberitakan sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto melakukan Musyawarah Olahraga Kota (Musyorkot) di ruang rapat DPRD Kota Sawahlunto, Sabtu (23/12/2023).

Sebanyak 34 Cabor aktif yang memiliki hak suara, hadir dalam Musyorkot KONI Kota Sawahlunto untuk melakukan pemilihan ketua umum KONI Sawahlunto, termasuk hadir beberapa Cabor dari 9 Cabor tidak aktif yang tidak mempunyai hak suara dan hak bicara.

Dalam Musyorkot ini, terpilih secara aklamasi incumbent Ketua KONI Sawahlunto periode 2019-2024, Kapten (Purn) Muryanto untuk melanjutkan periode (2024-2028) setelah salah satu calon lainnya atas nama Irsal Adam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan oleh tim penjaringan Ketua KONI Sawahlunto yang dibacakan saat Musyorkot.

Ketua Umum Cabang Olahraga (Cabor) Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia), H Jhon Reflita sempat melakukan interupsi atas hasil tim SC Musyorkot KONI Sawahlunto terkait Irsal A tidak memenuhi persyaratan dan kriteria calon ketua umum KONI, sehingga sebanyak 21 Cabor aktif yang mempunyai hak suara dan 2 Cabor tidak aktif (tidak memiliki hak suara dan hak bicara) melakukan walk out (WO) atau keluar dari Musyorkot, termasuk satu orang pimpinan sidang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat