bdadinfo.com

Dibangun Tahun 2021, Beginilah Keindahan Jembatan Terpanjang Penghubung 2 Kalimantan Timur, Bakal Awet Tahan Gempa 100 Tahun? - News

Jembatan Sei Alalak, Kalsel (Pixabay)

- Pembangunan yang telah diresmikan sejak tahun 2021 dikenal dengan Jembatan Sei Alalak yang saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat. 

Jembatan Sei Alalak memiliki fungsi yang sangat penting sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Tengah.

Presiden Jokowi telah meresmikan Jembatan Sei Alalak dalam kunjungan kerjanya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga: PMI Padang Panjang Tanam 60 Bibit Pohon di Sigando

Kendati Jembatan tersebut telah dinantikan oleh masyarakat Kalimantan Selatan karena kegunaannya yang sangat strategis.

“Alhamdulillah Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini,” tutur Presiden di lokasi peresmian.

Baca Juga: Diskominfosandi Yogyakarta Membuka Lowongan Kerja Tenaga Teknis Programmer bagi Lulusan S1 atau Setara! Berikut Cara Mendaftarnya

“Sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar selatan rusak hancur diterjang oleh banjir,” ujarnya.

Hadirnya Jembatan Sei Alalak yang sangat vital dalam menunjang aktivitas masyarakat terutama wilayah Kalimatan Selatan – Tengah. 

Ada juga wilayah Kalimantan secara umum, yang mana jembatan ini juga menjadi bagian dari Ruas Lintas Selatan Trans Kalimantan.

Baca Juga: Andre Rosiade Minta PT KAI Sumbar Selesaikan Kemacetan di Rel Perlintasan Kasang-Pasar Usang sebelum Lebaran

Sebenarnya Jembatan ini dulunya sejak 30 tahun terakhir adalah Jembatan Kayu Tangi I yang dibangun ulang semenjak era pemerintahan presiden Jokowi. 

Dulunya kondisi jembatan yang berada di dua sisi Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala itu memang sudah tidak layak.

Bahkan tidak memungkinkan lagi untuk menunjang mobilitas kegiatan penduduk yang semakin meningkat, mengingat kawasan tersebut sebagai lokasi pengembangan kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat