bdadinfo.com

Baru Diresmikan Tahun 2021, Inilah Daerah Pemilik Jembatan Cable Stayed Melengkung Pertama di Indonesia - News

Jembatan Sei Alalak, jembatan cable stayed melengkung pertama di Indonesia (sahabat.pu.go.id)

- Berbicara mengenai penggunaan teknologi jembatan cable stayed di Indonesia memang tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Pasalnya, jembatan cable stayed sudah tersebar di beberapa wilayah. Sebuat saja Jembatan Suramadu di Jawa Timur, Jembatan Barelang di Kepulauan Riau, hingga Jembatan Merah Putih di Maluku.

Faktanya, jembatan cable stayed melengkung pertama di Indonesia bukan salah satu dari daftar jembatan-jembatan ikonik yang ada di atas.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Ajaib di Sumatera Barat yang Wajib Ada di Bucket List Anda, Jelajahi Keindahannya, Nikmati Momennya

Jembatan cable stayed melengkung pertama di Indonesia adalah Jembatan Sei Alalak.

Jembatan Sei Alalak sendiri baru diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 21 Oktober 2021 lalu.

Dibangun dengan panjang 850 meter dan lebar 20 meter, jembatan ini menghabiskan dana mencapai Rp278 miliar.

Baca Juga: Diam-Diam Sumatera Utara Punya Proyek Bandara Super Megah Seperti Changi Singapura Keruk Biaya Rp5,9 Triliun di Daerah Terpencil

Dana pembangunan jembatan tersebut bersumber dari alokasi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kontrak tahun jamak 2018-2021.

Jangan salah, Jembatan Sei Alalak disiapkan dengan teknologi canggih yang tahan terhadap guncangan gempa hingga dapat bertahan sampai dengan umur 100 tahun.

Berbeda dengan kebanyakan jembatan cable stayed lainnya, Jembatan Sei Alalak memiliki karakteristik khusus berupa pilon jembatan tunggal yang melengkung ke luar.

Baca Juga: Sempat Gagal Gara-gara Megawati Ngamuk! Bali Diam-diam akan Trabas Lahan Seluas 600 Ha Demi Bandara Baru Super Megah Mengudara Kembali

Desain yang melengkung dipilih atas dasar keterbatasan lahan untuk pembangunan jembatan baru.

Walaupun begitu, perencanaan jembatan ini telah diuji oleh pakar dari forum Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat