bdadinfo.com

Inovasi Jembatan Cable Stayed di Sumatera Barat dan Indonesia, Melihat 5 Karya Megah Hasil Proyeknya di Berbagai Daerah - News

Inovasi Jembatan Cable Stayed di Sumatera Barat dan Indonesia (pexels.com/@SoumyaRanjan)

- Jembatan Cable Stayed, atau dikenal sebagai jembatan kabel pancang, menjadi gebrakan dalam dunia infrastruktur Indonesia.

Bentang panjangnya menggunakan kabel yang dipasang agak paralel ke menara jembatan memberikan kokohnya struktur.

Baca Juga: 4 Kabupaten Bersekutu Angkat Kaki dari Provinsi Sumatera Utara, Ingin Mendirikan Provinsi Baru Karena Selama Ini Terbelakang?

Kehadiran jembatan ini tak hanya menciptakan konektivitas, tetapi juga menjadi simbol prestasi dan kemegahan di berbagai daerah.

Mari kita telusuri lima hasil mega proyek jembatan Cable Stayed tertermewah di Indonesia, termasuk salah satunya yang berdiri megah di Sumatera Barat!

1. Jembatan Barelang, Kepulauan Riau

Baca Juga: Kunci Jawaban LKS Bahasa Indonesia Kelas 11 Penilaian Sumatif Tengah Semester 2 Bagian A Kurikulum Merdeka

Dikenal sebagai singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang, Jembatan Barelang menghubungkan sejumlah pulau di Kepulauan Riau, termasuk Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang, dan Galang Baru.

Disebut juga "Jembatan Habibie" sebagai penghargaan atas peran besar B.J. Habibie dalam pembangunan pulau Batam.

Sebagai hasil mega proyek percontohan berteknologi tinggi, Jembatan Barelang membanggakan kontribusi ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan ahli luar negeri.

Baca Juga: Menelusuri Keindahan Mandeh dari Padang: Rute Darat Paling Menawan, Jadi Salah Satu Jalan Terindah di Sumatera Barat

2. Jembatan Suramadu, Jawa Timur

Tol Jembatan Suramadu menjadi jembatan terpanjang pertama di Indonesia, membentang sepanjang 5,4 kilometer menghubungkan Surabaya dan Bangkalan, Pulau Madura.

Dibangun sebagai penghubung antar pulau, tol ini memiliki tiga bagian: jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat