bdadinfo.com

3 Daerah di Sumbar yang Letaknya Jauh dari Ibu Kota Padang, Nomor. 1 Pulau di Lepas Pantai Jaraknya Mencapai 151 KM - News

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini berada di luar dari wilayah pulau Sumatera, yang terdiri atas empat pulau utama.

- Sumatera Barat atau Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa Ramadhan 2024/1445 H di Kota Padang dan Sekitarnya

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Ibu kota Sumatera Barat saat ini masih terletak di Kota Padang. Setidaknya ada 3 daerah di Sumbar yang letaknya jauh dari Kota Padang.

Salah satu di antaranya adalah Kabupaten Pasaman Barat. Jarak Pasaman Barat dari Kota Padang ini sudah mencapai ratusan kilometer.

Namun rupanya, Pasaman Barat belum menempati posisi pertama melainkan masih ada di posisi kedua.

Baca Juga: Sumbar Terbelah Berkat Persetujuan Megawati! Daerah Seluas 73,36 Km² Disulap Jadi Sebuah Kota Metropolitan Agar Naik Statusnnya Menjadi Kota Otonom

Lantas, kabupaten/kota mana yang ada di posisi pertama sebagai daerah terjauh?.

Dilansir dari buku Sumatera Barat Dalam Angka 2023, inilah 3 daerah terjauh dari ibu kota Sumatera Barat sebagai berikut:

1. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat