bdadinfo.com

Proyek Jalan Tol Jadi Masa Depan Indonesia dari Menembus Perut Gunung dan Bawah Laut, Salah Satunya Jalan Tol Super Megah Ada Sumatera Barat - News

 ada beberapa proyek yang akan dibangun itu mulai dari tol Yogya - Bawen, Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu), tol Padang - Pekanbaru dan Palembang Bengkulu, Gedebage - Tasikmalaya- Cilacap, Padang - Pekanbaru hingga akses tol ke Ibu Kota Nusantara.

 - Era kepemimpinan Presiden Joko Widodo masih terus membangun infrastruktur tol megah. Mulai dari jalan tol terpanjang, tembus gunung, hingga masuk ke dalam lautan.

Memang, pembangunan tol megah ini perlu dilakukan karena kondisi geografis Indonesia yang cukup menantang.

Dimana banyak letak kepulauan hingga pegunungan atau bukit yang harus ditembus untuk menjangkau satu wilayah.

Baca Juga: Semata Jilid IV Bergulir, Wako Padang Hendri Septa Kembali Bantu Warga Kurang Mampu

Berdasarkan catatan ada beberapa proyek yang akan dibangun itu mulai dari tol Yogya - Bawen, Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu), tol Padang - Pekanbaru dan Palembang Bengkulu, Gedebage - Tasikmalaya- Cilacap, Padang - Pekanbaru hingga akses tol ke Ibu Kota Nusantara.

Diketahui ada dua calon tol terpanjang yang tengah dibangun dengan panjang melebihi 200 kilometer, mengalahkan rekor saat ini Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di Sumatera mencapai 189,4 kilometer.

Yakni Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (206,6 km), dan Padang - Pekanbaru (254,8 km).

Baca Juga: Sambut Perantau Mudik, Pemko Gelar Festival Muaro Padang Lebih Meriah

Jalan Tol Getaci

Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap atau Jalan Tol Getaci adalah jalan tol di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, berakhir di Cilacap.

Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa bagian selatan, menghubungkan Bandung dengan Surabaya.

Nilai investasi pembangunannya mencapai Rp 56,2 triliun dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat (169,09 km) dan wilayah Provinsi Jawa Tengah (37,56 km).

Ketika dioperasikan ruas jalan tol ini menjadi ruas jalan tol terpanjang pertama di Indonesia sebelum Jalan Tol Padang–Pekanbaru (254,8 km) mulai beroperasi penuh.

Baca Juga: Intip Kisah Sukses Zhang Hongchao, Pendiri Mixue yang Awal Bangun Bisnisnya dengan Modal Uang dari Nenek

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat