bdadinfo.com

Baru Saja Rampung! Sulawesi Selatan Ikutan Tengah Ukir Sejarah Bangun Jembatan Kembar di Kabupaten Terindah Ini, Sebesar Rp2,8 M? - News

Jembatan Kembar di Sulawesi Selatan  (Freepik)

- Pembangunan proyek strategis nasional belum seluruhnya dapat diselesaikan dan sebagian ada yang akan baru rampung pengerjaannya pada tahun 2024. 

Sulawesi Selatan akhirnya memiliki Jembatan Kembar terpanjang di Indonesia yang ada di Kota Parepare, Makassar dengan melalui 2 tahap pengerjaan.

Pembangunan ini tak lepas dari peran dan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk mendukung pembangunan infrastruktur di kabupaten atau kota.

Baca Juga: Menteri Basuki Lantik BP Tapera Periode 2024 - 2029 Mengawali Era Baru Perlindungan Tenaga Kerja, Ini Tantangan dan Harapan ke Depan!

"Alhamdulillah Pembangunan Jembatan Kembar Parepare melalui Bantuan Keuangan Rp 30 M kepada Pemerintah Kota sedang dalam tahap konstruksi," ujar Gubernur, Andi Sudirman pada Selasa 20 September 2022.

Hadirnya jembatan yang akan mengurai beban dan kemacetan kerap terjadi selama ini di jembatan utama Sumpang Minangae pada poros Jalan Nasional Makassar-parepare. 

"Jembatan ini nantinya menjadi jembatan akses untuk mengurai kepadatan jembatan utama Sumpang Minangae poros Nasional masuk ke Kota Parepare selama ini dilewati," ungkapnya.

Baca Juga: Aceh Tak Terbendung! Diam-diam Jalan Tol Pertama di Aceh Dilengkapi Terowongan Megah dan Estetik, Kalahkan Riau?

Andi menambahkan "Kami tentu berharap Kerja Keras Bapak Walikota Parepare bersama seluruh jajaran Pemkot,"

"mendapat dukungan masyarakat sehingga Jembatan ini dapat terselesaikan sesuai rencana," ujarnya. 

Selanjutnya pengerjaan tahap II telah selesai dilaksanakan pada November 2023 dengan ada deviasi 5 persen dari target awal.

Baca Juga: Kota Paling Cerdas! Konstruksi Pembangunan Bendungan Pertama dan Terbesar di Kalimantan Timur Demi Atasi Banjir Bandang Senilai Rp556 M

Tahap pertama, pembangunan sudah rampung tahun 2022, lalu dengan menggunakan sumber dana berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel sekitar Rp30 miliar.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Parepare Budi Rusdi didampingi Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Widin Wijaya turun langsung meninjau perkembangaan pengerjaan jembatan kembar pada Sabtu 16 September 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat