bdadinfo.com

Jawa Timur Melesat! Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Sambungkan Tol Trans Jawa Hingga ke Ujung Pulau - News

Ruas Kraksaan-Paiton masih dalam proses konstruksi. (Instagram @hkinfrastruktur)

- Jalan Tol Trans Jawa makin tersambung hingga ke ujung Pulau jika pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi selesai dibangun.

Saat ini, proses konstruksi sedang dilakukan untuk Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II Tahap 1 Ruas Kraksan-Paiton dan akses menuju exit tol sepanjang 2 km.

Seperti diketahui, proses ground breaking telah dilakukan pada 6 Februari 2023 silam untuk proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki yang berlokasi di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Ruas tol tersebut dibangun atas kerja sama operasi (KSO) PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dengan PT Acset Indonusa Tbk (Acset) dan PT Nindya Karya (NK).

Baca Juga: Update Progres Pembangunan Training Center PSSI di Kawasan Pembangunan Ibukota Nusantara

Nilai investasi pembangunannya mencapai Rp 1,6 Triliun. Kemudian, masa pengerjaan ruas tol sepanjang 11,2 km yang membentang dari Kraksaan hingga Paiton ini dilakukan selama 574 hari.

Keistimewaan dari Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi adalah pengendara akan disuguhi pemandangan pesisir utara Jawa dan PLTU Paiton.

Adapun secara keseluruhan, ada dua tahap pelaksanaan konstruksi pada Jalan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi.

Untuk Tahap 1 terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi 1 adalah Gending - Kraksaan (12,88 Km), Seksi 2 Kraksaan - Paiton (11,20 Km) dan Seksi 3 Paiton – Besuki (25,6 Km)

Khusus untuk ruas Kraksaan-Paiton akan memiliki fasiitas struktur, seperi Interchange Paiton, sembilan jembatan utama, 28 unit crossing box underpass dan 56 unit crossing box culvert.

Pembangunan di ruas ini juga mengimplementasikan teknologi BIM , seperti LIDAR dan fotogrametri.

Baca Juga: Hore! Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 Bisa Dilalui saat Mudik Lebaran 2024, Catat Begini Rutenya

Proses konstruksi Tahap 1 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi ditargetkan rampung seluruhnya pada Desember 2024.

Kemudahan akses keluar dan masuk di jalan tol tersebut difasilitasi dengan dibangunnya tiga gerbang tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat