bdadinfo.com

Jalan Tol Trans Jawa Membentang dari Merak ke Probolinggo, Bakal Lanjut Terus Hingga ke Banyuwangi: Ini 3 Ruas Tol yang Telah Beroperasi Lebih Dulu  - News

Jalan Tol Trans Jawa Membentang dari Merak ke Probolinggo, Bakal Lanjut Terus Hingga ke Banyuwangi: Ini 3 Ruas Tol yang Telah Beroperasi Lebih Dulu (bpjt.pu.go.id)

– Dari Merak hingga ke Probolinggo kini sudah terhubung dengan jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.065,50 km.

Tak sampai di situ, nantinya jalan tol di Pulau Jawa ini akan terus tersambung sampai ke ujung timur Pulau Jawa yakni ke Banyuwangi.

Hingga saat ini terdapat 3 (tiga) ruas jalan tol Trans Jawa yang sudah beroperasi terlebih dahulu. Mana saja ya?

Baca Juga: Segitiga Emas Pertumbuhan Bakal Hadir Usai 3 Tol Baru Ini Terkoneksi ke Tol Trans Jawa, Kotamu Kecipratan Untung Gak? 

Jalan tol Trans Jawa sebelum beroperasi hingga seperti sekarang, ada 3 (tiga) ruas yang sudah beroperasi lebih dulu dibandingkan dengan ruas-ruas tol lainnya di Pulau Jawa.

Pertama, ada dari tol Semarang Seksi ABC sepanjang 24,75 km dan telah beroperasi sejak 1983 silam.

Kemudian, ada tol Jakarta-Tangerang sepanjang 33 km yang beroperasi sejak 1984.

Baca Juga: 3 Jalan Tol Tertua yang Terus Eksis Hingga Saat Ini di Indonesia, Sudah Pernah Lewat Semua Ruasnya Belum? 

Selanjutnya, ada tol Surabaya-Gempol sepanjang 48,89 km yang juga sudah beroperasi sejak 1986 lalu.

Dimulai dari tol Semarang ABC yang menjadi bagian dari tol Trans Jawa pertama yang beroperasi sejak 1983, tol ini menjadi akses penghubung kendaraan di wilayah Barat, Timur, dan Selatan Kota Semarang.

Selain memudahkan akses antarwilayah di Semarang dan sekitarnya, tol ABC ini juga menjadi akses penting terhubungnya Jalur Pantura Jawa dengan Jalan Nasional yang ke arah  Purwodadi, Yogyakarta dan Solo.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Getaci Punya Nilai Investasi Rp37,14 Triliun! Bakal Mulai Digarap Tahun 2024 Kuartal 2: Saat Ini Masih Tahap… 

Jalan tol ini juga tersambung langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo di ujung selatan dan Tol Semarang-Batang di ujung Barat.

Selanjutnya yakni Jalan Tol Jakarta-Tangerang  dengan panjang mencapai 33 km dan juga merupakan merupakan Jalan Tol kedua beroperasi di Jalan Tol Trans Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat