bdadinfo.com

Sekian Lewati Drama! Akhirnya Konstruksi Seksi 2 Ruas Jalan Tol Terpanjang dan Kebanggaan di Sumatera Utara, Progres Udah Sampai Sini... - News

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan, Sumbar (Hutama Karya )

- Mega proyek di Pulau Sumatera Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan paket 2 dan 3 yang ditunggu oleh warga setempat.

Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan adalah bagian dari JTTS yakni sirip dari Tol Padang Pekanbaru yang hubungkan Sumatera Barat dan Riau sepanjang 43km.

Sebelumnya Jalan Tol Payakumbuh - Pangkalan direncanakan telah dimulai pembangunannya dari tahun 2018 hingga akhir 2023. 

Baca Juga: Pekerja Konstruksinya Mudik Lebaran, Jalan Tol Penghubung Sumatera Selatan-Jambi Gagal Bisa Dilintasi saat Hari Raya Idul Fitri 2024

Adapun berbagai persoalan salah satunya penolakan dari 5 Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Jalan Tol yang melewati pengunungan bukit barisan dan direncanakan dibuat 3 terowongan sepanjang 8 KM dengan biaya Investasi sebesar Rp9 triliun. 

Diketahui kontraktor sebagai pelaksana dalam proses pengerjaan Terowongan tersebut adalah menggunakan jasa Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca Juga: Jihyo TWICE Dirumorkan Sudah Pacaran dengan Atlet Tampan Yun Sung Bin Selama Setahun, Begini Kata Agensi

Lantaran Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini melaksanakan Groundbreaking pembangunanya dari Segmen 1 Jalan Tol Padang-Sicincin pada Februari 2018 silam. 

Jalan Tol yang memiliki 4 alternatif yakni trase 1, Trase 2, Trase 3, Trase 4 adapun trase 1 memiliki jarak yang lebih dekat dibandingkan dengan trase lainnya. 

Sementara Trase 1 yang melewati Lima Nagari ialah Nagari Koto Baru Simalanggang, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Nagari Taeh Baruah, Nagari Lubuak Batingkok dan Nagari Gurun.

Baca Juga: Terseret Kasus Asusila, Ini Biodata dan Profil Pendeta Gideon Simanjuntak yang Diduga Melecehkan 5 Wanita

Namun setelah melalui berbagai konsultasi publik ke masyarakat di ke lima puluh Nagari tersebut menyatakan menolak trase tol melalui trase 1 yang melewati daerah mereka.

Bupati Limapuluh Kota, Safarudin mengatakan bahwa saat ini Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan telah dilaksanakan Studi Kelayakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat