bdadinfo.com

Izin Presiden RI Mendarat, Sumbar Direstui Pecah! 4 Daerah Baru dengan Luasnya Tak Tanggung-Tanggung, Nomor. 4 Paling Semangat Berpisah dengan Sumbar - News

Kabupaten Kepulauan Mentawai dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 resmi dimekarkan dari Kabupaten Padang Pariamandan dinamai menurut nama asli geografisnya.

- Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Kabupaten Blora! Konstruksi Pembangunan Bendungan Terbesar Mampu Atasi Permasalahan Warga Tapi di Kecamatan...

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari

Isu pemekaran sejak lama muncul. Dan, akhirnya Sumatera Barat secara resmi membentuk empat daerah baru dari hasil pemekaran.

Baca Juga: Kabupaten Kediri Luar Biasa! Pembangunan Konstruksi Jembatan Terpanjang Jadi Penghubung Akses 2 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Disini...

Pembentukan daerah baru di Sumatera Barat bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan dan pembangunan daerah.

Sehingga dengan adanya pemekaran ini diharapkan daerah induk dan daerah hasil pemekaran mendapatkan pelayanan yang merata dari pemerintah.

Provinsi Sumatera Barat ini tercatat memiliki luas wilayah 42.120 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 2020 sebanyak 5,534 juta jiwa.

Sehingga sudah tak heran lagi jika Sumatera Barat ini sering terjadi pemekaran daerah.

Warga Sumatera barat sudah tahu daerah mana saja yang baru dibentuk dari hasil pemekaran?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat