bdadinfo.com

Kondisi Pasca Gempa Taiwan, Tidak ditemukan Warga Negara Indonesia yang Menjadi Korban - News

Gempa guncang Taiwan, tidak ditemukan korban Warga Negara Indonesia

- Gempa susulan masih dirasakan di kota Taipei khusunya, sampai pukul 2 waktu setempat.

Dari pagi sampai pukul 2 itu lebih dari 70 gempa susulan yang dirasakan.

Kekuatan gempa susulan yang dirasakan tentu tidak sebesar yang pertama dengan berkekuatan 7,2 skala richter sedangkan gempa susulan hanya gempa-gempa kecil saja.

Baca Juga: Harmonis! Wako dan Wawako Padang Kompak Hadiri Syukuran Kenaikan Pangkat Dandim 0312

Kekuatan gempa 7,2 magnitudo yang dirasakan bagi yang sedang berada dalam bangunan merasakan lampu bergoyang, kemudian dibeberapa ruangan yang terdapat gambar-gambar didinding terjatuh.

Kemudian juga lemari berhamburan, barang-barang keluar dari beberapa tempatnya.

“Kalau di kota Hualian saya yakin pasti dampaknya lebih masif karena di kota Hualien sebagaimana yang kita bisa lihat di gambar yang sedang ditayangkan itu ada dua gedung yang hampir roboh karena gempa tersebut memang gempa berpusat di daerah Hualien,” kata kepala kantor dagang dan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Kota Padang Tuan Rumah HKBN 2024, Siapkan 'Blue Line Safe Tsunami Zone'

Ini menjadi hal yang menarik karena pada saat terjadi gempa pertama tidak dirasakan adanya kepanikan, bahkan tidak terlihat warga berhamburan keluar khususnya di kota Taipei.

Sisi lain pemerintah tetap menghimbau wasapada, karena mereka sedari kecil sudah diajarkan apa yang harus dilakukan ketika gempa terjadi, sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

Di kota Hualien terdapat korban yang meninggal 9 orang, kemudian 821 orang terluka semuanya warga negara Taiwan, cukup bersyukur sampai sore ini belum mendapatkan laporan bahwasannya ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dari gempa tersebut.

Baca Juga: TASPEN Bedah Panti Dua Pondok Pesantren di Jawa Barat

Adapun upaya dari pemerintah menyiapkan shelter bagi rumah sakit menampung warga-warganya.

Himbauan pemerintah setempat sudah Standar Operasional Prosedur (SOP), bahwasannya tetap tenang kemudian cara berlindung, bagaimana cara berlindung didalam ruangan, kemudian tempat seperti apa yang dituju ketika berada diluar ruangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat