bdadinfo.com

Guncangan Gempa Tuban Jawa Timur Masih Terasa hingga Sekarang, BMKG Ungkap Misteri penyebabnya, Cek Faktanya Disini! - News

Misteri penyebab gempa bumi di Tuban (Pixabay)

Gempa M 5,9 yang mengguncang Tuban Jawa Timur pada 22 Maret 2024 sampai 1 April 2024 masih sering dirasakan oleh warga sekitar.

Tercatat hingga 420 gempa susulan di perairain Tuban Jawa Timur, dengan titik yang sama yaitu kedalaman 10 Km Koordinat -5.76,112.33. lintang 5.76 LS Bujur 112.33 BT Lokasi 130 Km Timur Laut Tuban Jawa Timur.

Gempa tersebut bahkan dirasakan hingga daerah sekitanya, di wilayah Jawa Timur mulai dari Bojonegoro, Lamongan, Gresik hingga Surabaya.

Baca Juga: Prabowo Bertemu dengan Xi Jinping di Beijing, Siap Lanjutkan Tugas Jokowi Jalin Hubungan Erat RI dengan Tiongkok

Dilansir HALUANHARIAN.COM dari Instagram @InfoBMKG dan @mitigasiBMKG yang di unggah pada Senin 25 Maret 2024.

BMKG ungkap gempa Tuban Jawa Timur ini bukanlah peristiwa yang biasa, ada beberapa fakta yang telah dirangkum dengan mengaitkan rangkaian guncangan yang terjadi, seperti:

1. Gempa bumi ini merupakan gempa kerak dangkal (Shallow Crustal Earthquake) yang terjadi akibat aktifitas sesar aktif dengan mekanisme geser datar pada laut jawa.

Baca Juga: Bintang ‘Marry My Husband’ Song Ha Yoon Terseret Dugaan Kasus Kekerasan di Sekolah, Pihak Agensi Buka Suara

2. Gempa bumi bersifat merusak, dampak kerusakan dirasakan di beberapa wilayah seperti Pulau Bawean, Gresik, Tuban, Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Pamekasan Madura, dan Banjarbaru.

3. Gempa bumi yang memiliki guncangan spektrum yang luas, karena guncangan terasa hingga Banjarmasin, Banjarbaru, Sampit, Balikpapan, Madiun, Demak, Semarang, Temanggung, Solo, Yogyakarta, Kulon Progo dan Kebumen.

4. Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami, berdasarkan data dari permodelan tsunami BMKG dan monitoring muka laut dari Badan Informasi Geospasial (BIG) di Karimun Jawa, Lamongan dan Tuban.

Baca Juga: Viral Pernikahan Wanita Kembar Siam Abby Hensel dengan Veteran Angkatan Darat AS, Ini Pengakuannya Soal Jadi Ibu

5. Pusat Gempa berpusat di Zona rendah aktivitas kegempaan.

6. Pusat titik gempa berada pada Zona Tua Meratus, hal ini membuktikan jalur sesar di laut jawa masih aktif sehingga perlu diwaspadai adanya sesar aktif dasar laut dekat pulau Bawean.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat