bdadinfo.com

Kabar Gembira Bagi Rakyat Riau! Pagi Ini Jalan Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar Beroperasi Full Secara Gratis dan Sudah Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2024 - News

Masyarakat Riau mulai Jumat (5/4/2024) sudah bisa menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-XIII Koto Kampar (Bangkinang-Tanjung Alai) pada momen mudik lebaran 2024 secara gratis.

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT. Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang Seksi Pekanbaru - Bangkinang-Pangkalan sepanjang 101 km, khususnya ruas Bangkinang-Pangkalan (61 km).

Sebelumnya ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 km) telah diresmikan Presiden Jokowi pada Januari 2023 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini tengah diselesaikan Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km.

Baca Juga: Jadi Rebutan Dua Kabupaten di Sumbar! Danau Raksasa Bahkan Lebih Besar dari Kota Bukittinggi, Airnya Menembus Bukit Barisan untuk Generator PLTA

Dengan progres konstruksi saat ini sudah sebesar 94,42%. Ditargetkan April 2024, ruas Bangkinang - Koto Kampar bisa tuntas dan beroperasi penuh.

"Dengan tersambungnya ruas ini nantinya akan mengintegrasikan antara Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar dimana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan," kata Menteri Basuki.

Dikatakan Menteri Basuki, ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan wilayah Riau dan Sumatera Barat.

Konstruksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya - PT Hutama Karya dengan biaya investasi senilai Rp4,83 triliun.

Baca Juga: Ternyata, Banyak Spot Titik-titik Lokasi Harta Karun di Bangka Tengah Tersebar di Beberapa Kecamatan yang Dirampok Bajak Laut Darat

Ke depan, jalan tol Pekanbaru-Dumai sebagai koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi akan tersambung dengan sirip/feedernya, yakni ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan hingga Padang.

Dengan konektivitas yang semakin mantap, koridor Pekanbaru - Padang akan terus tumbuh berkembang dengan basis kegiatan industri perkebunan, pertambangan, dan turunannya, termasuk mendorong kegiatan pariwisaya di kawasan pariwisata Candi Muara Takus dan Kelok Sembilan.

Masyarakat Riau mulai Jumat (5/4/2024) sudah bisa menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-XIII Koto Kampar (Bangkinang-Tanjung Alai) pada momen mudik lebaran 2024 secara gratis.

Hal tersebut diungkapkan Branch Manager Tol Pekanbaru-Bangkinang Jarot Seno Wibawa

"Menurut jadwal hari ini (Gate Tol XIII Koto Kampar, red) akan kita buka secara fungsional," kata Djarot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat