bdadinfo.com

Gubernur Sumbar Dampingi Mentan ke Lokasi Bencana, Lahan Pertanian Rusak akan Segera Direhabilitasi - News

Gubernur Sumbar Dampingi Mentan ke Lokasi Bencana, Lahan Pertanian Rusak akan Segera Direhabilitasi   (Humas Pemprov Sumbar )

- Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bertekad segera memenuhi persyaratan agar bantuan rehabilitasi lahan pertanian yang rusak akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor segera dikucurkan.

Hal itu disampaikan Gubernur saat
mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman ke Bukik Batabuah, Kabupaten Agam, Sabtu, 18 Mei 2024.

"Alhamdulillah, tadi kami bersama Bupati Agam telah mendampingi Bapak Mentan meninjau lahan pertanian masyarakat kita yang rusak karena bencana. Beliau menyatakan segera menganggarkan perbaikan lahan tersebut. Tinggal di kita untuk memenuhi persyaratannya. Kita komitmen bersama Pak Bupati untuk menyegerakan administrasi dan datanya," ucap Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Minta Warganya Waspada Potensi Bencana Susulan

Sementara itu dalam keterangannya, Mentan Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya telah menerima laporan bahwa bencana banjir lahar dingin dan longsor di Sumbar turut berdampak pada rusaknya 2 ribu hektare (ha) lebih kahan pertanian. Sehingga untuk penanganannya dibutuhkan rehabilitasi lahan.

" InsyaAllah kami akan bantu dalam waktu dekat. Terkait material abu vulkanik yang menimbun lahan persawahan nanti teknisnya itu akan dibangun kembali. Anggaran per hektarnya lebih kurang Rp4,6 juta, maka untuk dua ribuan hektare itu membutuhkan anggaran Rp10 miliar. Nanti ditambah alat dan mesin pertanian itu sekitar Rp15-20 miliar," ucap Mentan Amran.

Ia juga menegaskan telah menghubungi Ditjen terkait untuk menindaklanjuti penanganan terhadap dampak kerusakan lahan dan kerugian sektor pertanian akibat bencana di Sumbar. Selanjutnya, Mentan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas terkait di kabupaten/kota dan provinsi untuk menyegerakan data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang akan menerima bantuan.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Laporkan Dampak Bencana Terhadap Sektor Perikanan Kepada Menteri KKP

"Saya sudah telpon Dirjen terkait. InsyaAllah akan dialihkan anggarannya ke sini. Saya minta Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan Provinsi segera menindaklanjuti CPCL-nya. Bantu masyarakat untuk administrasinya. UPT Kementan di Sumbar juga saya minta segera bertindak bantu masyarakat," ucapnya menekankan. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat