bdadinfo.com

Jokowi Pamer Jalan Tol Ibu Kota Nusantara, Bisa Pangkas Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Kalau Ngebut-ngebutan Cuma 30 Menit Saja! - News

Jokowi pamer sebut perjalanan darat dari Balikpapan ke kawasan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur hanya memerlukan waktu maksimal selama 40 menit. Bahkan, dari Balikpapan ke IKN bisa ditempuh selama 30 menit jika memacu kendaraan lebih cepat.

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat ini perjalanan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan terasa jauh. Namun, Jokowi mengatakan saat jalan tol selesai dibangun, maka perjalanan dari Balikpapan menuju IKN hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pada awal Agustus 2024 nanti, jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah jadi.

Sehingga, perjalanan darat dari Balikpapan ke kawasan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur hanya memerlukan waktu maksimal selama 40 menit.

Baca Juga: Hari Susu Sedunia, HiLo Komit Tumbuh Kuat Bersama Ditiap Tahapan Usia

Bahkan, dari Balikpapan ke IKN bisa ditempuh selama 30 menit jika memacu kendaraan lebih cepat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya atas Groundbreaking Nusantara Sustainability Hub di kawasan IKN pada Rabu (5/6/2024).

Presiden Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Jokowi Malu Sambil Geleng-geleng Kepala! Sia-sia Korbankan Uang Rp24,6 Triliun, Pembangunan Mega Proyek Jalan Tol Terpanjang di Pulau Bali Mangkrak

Peninjauan dilakukan di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menyebut bahwa pembangunan jalan tol IKN tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat.

Jika biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu 2 jam 15 menit, dengan hadirnya tol baru tersebut waktu tempuhnya menjadi sekitar 30 menit saja.

 "Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ujar Presiden.

Menurut Presiden, saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55 persen. Kepala Negara berharap jalan tol tersebut bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

"Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai," ucapnya.

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat