bdadinfo.com

Canggih! FIK UI Terapkan Metode Virtual Reality untuk Bedah Anatomi Tubuh - News

Mahasiswa FIK UI gunakan virtual reality untuk memperlajari anatomi tubuh (HarianHaluan.com)

 

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia atau FIK UI, telah mengembangkan tekhnologi virtual reality (Vit R) Nurse dalam proses belajar mengajar.  

Peneliti Vit R Nurse FIK UI, La Ode Abdul Rahman menjelaskan, virtual reality adalah teknologi yang memindahkan ruang dari dunia nyata ke ruang virtual dengan system tiga dimensi.

“Jadi di sini user bisa berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam virtual reality,” katanya pada Selasa, 16 Mei 2023.

Baca Juga: Polisi Geledah Rumah Terduga Pelaku Pembunuhan Mr X di Depok: Kelamin Raib Lalu...

La Ode Abdul Rahman menyebut, teknologi berbasis digital ini punya sederet manfaat dan menurutnya itu cukup efektif untuk proses kegiatan belajar mengajar.

“Keunggulannya yaitu laboratorium fisik bisa dibawa kemana saja, dan kita bisa belajar dimana saja,” ujarnya.

“Jadi mahasiswa yang praktikum tidak harus datang ke laboratorium, dia bisa praktikum dimana saja dan kapan saja cukup memiliki alat Vit R dan mereka bisa belajar kapanpun mereka yang mereka inginkan,” sambung dia.

Adapun sistem kerja alat ini, kata La Ode Abdul Rahman, yang terpenting adalah harus terkoneksi dengan internet.

Baca Juga: Kerap Nipu dari Balik Penjara, 14 Napi Jabar Dikirim ke Nusakambangan: Begini Nasibnya

Kemudian penggunanya bisa menggunakan Vit R, dan menggunakan stik khusus yang tersambung pada alat berbentuk kaca mata tersebut.

“Mahasiswa bisa login dan bisa memilih konten atau materi pembelajaran yang mereka inginkan di dalam realty tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut dosen FIK UI itu mengatakan, saat ini di tim Vit R Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sudah memiliki beberapa konten untuk pembelajaran mahasiswa.

“Di antaranya ada konten perawatan luka, lalu kemudian ada pemasangan infus, kemudian pemberian obat, pemasangan kateter, kemudian juga kita juga punya konten anatomi di mana mahasiswa bisa belajar anatomi tubuh manusia dengan menggunakan virtual reality,” paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat