bdadinfo.com

Bakal Calon Presiden AS Sebut Akan Terjadi Perang Dunia III Jika Ukraina Kalah - News

Perang Rusia-Ukraina (Foto Dok. The Hindu/Vadim Ghirda)

- Konfilik Rusia dan Ukraina memberikan efek global yang luar biasa. Tak hanya soal gejolak ekonomi, tetapi juga politik di seluruh dunia.

Salah satu hal penting yang disoroti dunia global adalah posisi Ukraina yang semakin tertekan dan bahkan diprediksi kalah perang melawan Rusia.

Jika kemudian Ukraina kalah perang, maka ada kemungkinan Perang Dunia III akan pecah. Hal tersebut sejalan dengan analasis Nikki Haley, bakal calon presiden Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Ramai Perang Israel-Paletina, Mantan Kapten Timnas Israel Ini Justru Bela Palestina Lawan Indonesia

Politisi Partai Republik itu dengan tegas mengatakan bahwa membiarkan Ukraina kalah dari Rusia di medan perang akan memicu Perang Dunia III.

Hal tersebut disampaikan mantan gubernur South Carolina di sebuah balai kota di Iowa beberapa hari lalu.

“Ketika Ukraina menang, itu mengirim pesan ke China dengan Taiwan, mengirim pesan ke Iran yang ingin membuat bom [nuklir], mengirimkan pesan ke Korea Utara yang menguji rudal balistik, mengirim pesan ke Rusia bahwa ini sudah berakhir," paparnya, seperti dikutip The Hill, Rabu, 7 Juni 2023.

Karena itu, Nikki Haley menegaskan bahwa posisi AS akan sangat diperlukan dalam menyelesaikan konflik tersebut.

“Adalah demi kepentingan terbaik Amerika, demi kepentingan terbaik keamanan nasional kita bagi Ukraina untuk menang. Kita harus menyelesaikan ini, kita harus menyelesaikannya," ujar Haley.

Menurutnya, perang Rusia-Ukraina akan berakhir, jika Rusia menarik diri dari konflik tersebut.

“Itu akan berakhir dalam satu hari jika Rusia menarik diri,” sarannya. “Jika Ukraina menarik diri, maka kita semua melihat perang dunia.”

Untuk mencegah perang dunia, kata dia, Kyiv membutuhkan senjata yang banyak. Baginya, kemenangan Ukraina melawan Rusia merupakan kemenangan bersama.

Baca Juga: Denny Indrayana Minta Presiden Jokowi Dimakzulkan. Begini Poin Dugaan Pelanggarannya

“Kemenangan untuk Ukraina adalah kemenangan bagi kita semua, karena para tiran memberi tahu kita dengan tepat apa yang akan mereka lakukan,” lanjut Haley.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat