bdadinfo.com

Keren! Ini 5 Penulis Asal Sumatera Barat yang Ciptakan Karya Legendaris, Mampu Buat Perubahan di Indonesia - News

Buya Hamka, sastrawan besar Indonesia (badanbahasa.kemdikbud.go.id)

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang melahirkan banyak tokoh besar, seperti dalam dunia politik, bisnis, dan sastra.

Sejak dulu, sastra menjadi alat untuk menyampaikan buah pikiran yang bisa menggemparkan masyarakat. Hal ini juga dilakukan para penulis besar dari Sumatera Barat.

Yuk, langsung saja simak penulis dari Sumatera Barat yang telah melahirkan karya yang legendaris. Berikut informasinya:

1. Buya Hamka

Buya Hamka merupakan seorang ulama dan sastrawan besar yang lahir pada 17 Februari 1908 di Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat.

Nama aslinya adalah Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Ia merupakan penulis yang tersohor dengan karyanya yang banyak dikaji oleh peneliti di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Baca Juga: Kenalin Nih Si Ratu Cilok, Andalan Rutan Depok Bikin Napi Tenang

Tercatat, ia telah menulis setidaknya 84 judul buku tentang budaya, sejarah, hingga kajian Islam.

Tiga bukunya yang paling terkenal berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan Merantau ke Deli. Bahkan, dua bukunya telah dijadikan film

2. Marah Roesli

Marah Roesli atau biasa ditulis Marah Rusli adalah sastrawan yang lahir pada 7 Agustus 1889 di Kota Padang. Gelar ‘Marah’ ia dapatkan dari sang ayah yang memiliki gelar ‘Sutan’.

Ia menempuh pendidikan di Sekolah Dokter Hewan di Bogor hingga 1915. Setelah mendapat banyak ilmu, ia mulai menyadari kesalahan pada pelaksanaan adat lama di Sumatera Barat.

Marah Rusli pun mulai menulis sebagai alat menyebarluaskan buah pikirannya. Melalui karyanya, Marah Rusli dianggap sebagai pencetus tradisi sastra Indonesia modern.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso dan Hino Motors Resmi Berkolaborasi, Siap Kembangkan Truk Berbahan Bakar Hidrogen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat