bdadinfo.com

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak - News

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak (Kominfo Pesisir Selatan)


- Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di Hotel Saga Murni Sago, Senin (19/6).

Kegiatan itu dihadiri Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, Sekda, Mawardi Roska, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Salim Muhaimin, Kepala Bapedalitbang, Hadi Susilo dan undangan lainnya.

Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengapresiasi adanya Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak tersebut. Ia mengharapkan program sekolah penggerak dapat berjalan sebagaimana mestinya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berpihak pada perkembangan pendidikan yang dibuktikan dengan keberpihakan pada anggaran yang terus meningkat, bahkan dengan alokasi yang cukup besar.

Baca Juga: Tabungan Siswa SD di Pangandaran Tak Dikembalikan, Angkanya Mencapai Rp5 Miliar

Bupati mengatakan, pihaknya juga terus memacu perkembangan kemampuan tenaga pendidik. Dalam hal ini, guru dituntut mampu mengembangkan potensi peserta didik melalui proses pembelajaran yang memihak pada anak, sesuai transformasi pendidikan melalui kurikulum merdeka belajar.

Negara berharap guru berhasil mencetak generasi bangsa yang beriman, cakap dengan potensi dan kemampuannya, kreatif, mandiri dan yang paling penting adalah bertanggungjawab.

Guru harus mampu mengembangkan kemampuan analisis peserta didik sesuai kompetensinya. Dengan demikian kemampuan berfikir siswa, bertindak serta bersikap akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Indomaret dan Alfamart Saling Berdekatan

Guna mewujudkan kompetensi guru yang terampil, pemerintah kabupaten juga membentuk komunitas guru belajar dan guru menulis, bahkan semangat belajar guru di Pesisir Selatan kedua tertinggi di Sumatera Barat, setelah Kota Padang.

"Insya Allah, generasi emas Pesisir Selatan dapat tumbuh dan berkembang sesuai cita-cita daerah Kabupaten Pesisir Selatan pendidikan yang berkualitas, Religius dan berdaya saing," sebutnya.

Sementara itu Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen mengatakan, program sekolah penggerak di Kabupaten Pesisir Selatan harus terlaksana dengan baik, sehingga mampu menggenjot mutu pendidikan sebagaimana yang diharapkan bersama.

Dikatakan Ermizen, program sekolah penggerak yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi itu hendaknya benar-benar berjalan efektif. Kemudian semua komponen pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam mendukung program sekolah penggerak tersebut.

"Melalui program sekolah penggerak ini nantinya bisa mengakomodir aspirasi bersama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan memberikan dukungan agar program sekolah penggerak dapat berjalan sebagaimana mestinya," harap Ermizen. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat