bdadinfo.com

Bus PT APD Sang Legendaris Otobus Tertua di Indonesia Perintis Trayek Padang Jakarta - News

Bus PT APD Sang Legendaris Otobus Tertua di Indonesia Perintis Trayek Padang Jakarta

- Sejarah atau profil perusahaan otobus asal Sumatera Barat dulu perusahaan ini pernah Berjaya dan merupakan legendaris otopus tertua di Indonesia yang seangkatan dengan PT NPM

Namun Sangat disayangkan ketenaran dan kejayaan PO legend ini sirna di akhir tahun 90-an atau di awal tahun 2000-an

Dejarah PT APD yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an di Padang Panjang Sumatera Barat kala itu Indonesia masih di bawah pemerintahan Hindia Belanda.

Baca Juga: Siswa SMP Negeri 2 Pringsurat Ditangkap Usai Membakar Gedung Sekolah Akibat Bullying

Dari hasil surfing saya PT APD ini dimiliki oleh keluarga Leman Kayo asal kota Batusangkar atau sekitar Padang Panjang sekampung dengan PT MPM dan PO Manila.

Pada saat didirikan di tahun 1930-an bernama NVAPD merupakan singkatan None Loja Venus Auto Post Dienst.

Merk bus masih berbahasa Belanda yang berarti layanan bus dan PO kemungkinan besar tujuan utama perusahaan ini pada saat didirikan adalah sebagai sarana angkutan bus umum.

Yang sekaligus mengantarkan surat dan kiriman barang dari Padang Panjang ke berbagai kota terdekat di trayek yang dilintasinya trayek APD.

Di tahun 1930-an melintasi Padang Panjang forpander capelan atau Batusangkar Sijunjung, Sungai Dareh Muara, Tebo Muara, Bungo Bangko, Sorolangun dan Lubuklinggau.

Bus PT APD Sang Legendaris Otobus Tertua di Indonesia Perintis Trayek Padang Jakarta
Bus PT APD Sang Legendaris Otobus Tertua di Indonesia Perintis Trayek Padang Jakarta

Jadwal tetap dari Padang Panjang ataupun Lubuklinggau setiap hari Selasa Kamis dan Sabtu trip ekstra akan berlaku jika penumpang lumayan dan akan diberangkatkan juga pada hari Senin Rabu dan Jumat waktu tempuh dari Padang Panjang ke Lubuklinggau membutuhkan

Sedikitnya dua hari dua malam perjalanan jarak tempuh sekitar 700 KM untuk saat ini waktu tempuh di jarak tersebut kurang lebih antara 10 sampai 15 jam perjalanan

Setelah kemerdekaan Indonesia merk bus ini kemudian dinasionalisasi menjadi berbahasa Indonesia kepanjangan APD kemudian diubah menjadi PT angkutan Perindustrian dan dagang nama baru yang terkesan sangat jauh dari makna sebelumnya merk dagang sebenarnya sangat berpengaruh atas kesuksesan sebuah usaha.

Ntah mengapa pemilih NVAPD kemudian mengubah makna kata yang sangat jauh berbeda dengan PT APD dalam bahasa Indonesia. Pada kenyataannya PT APD focus di bidang transportasi otobus yang melayani manusia dan kiriman barang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat