bdadinfo.com

Sosok Audy Joinaldy Sang Pemimpin Sumbar dengan Segudang Prestasi Akademik Sampai Mencetak Rekor MURI - News

Sosok Audy Joinaldy Sang Pemimpin Sumbar dengan Segudang Prestasi Akademik Sampai Mencetak Rekor MURI

HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tidak mengenal sosok Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. gelar Datuak Rajo Pasisia Alam 16 Mei kelahiran 1983 adalah pengusaha dan politikus Indonesia yang menjabat Wakil Gubernur Sumatra Barat periode 2021-2024 bersama Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

Semasa pemilihan umum 2020, Audy Joinaldy dicalonkan oleh Partai Persatuan Pembangunan. Ia adalah wakil dari gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

Audy Joinaldy memimpin perusahaan Perkasa Group yang bergerak dibidang peternakan dan lintas Agro group yang bergerak dibidang pertanian. Pada pemilihan umum gubernur Sumatera Barat 2020 ia dicalonkan oleh Partai Persatuan Pembangunan dampingi Mahyeldi Ansharullah.

Baca Juga: Carikan Solusi Transportasi Modern di Alahan Panjang, Wagub Sumbar Audy Hadirkan Alpajek

Lahir dalam keluarga Minangkabau ayahnya Joinery Kahar berasal dari para Karambia Kampung Jua Padang. Sementara ibunya merupakan orang Solok.

Audy Joinaldy memperoleh gelar sarjana peternakan dari Institut Pertanian Bogor IPB pada 2005 dan master of Science di Wageningen universiteit Belanda dalam bidang Major food quality management minor animal nutrition pada 2007.

Sedangkan gelar Magister Manajemen ia dapatkan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada 2011 Audi Joinaldy mendapatkan Gelar insinyur dari Universitas Gadjah Mada UGM tahun 2019.

Baca Juga: Wagub Audy Optimis Sumbar Bisa jadi Produsen Utama Madu Trigona di Indonesia

Audy lahir dalam keluarga Minangkabau. Ayahnya, Joinerri Kahar berasal dari Parak Karambia, Kampung Jua, Padang, sementara ibunya, Desmilia merupakan orang Solok. Joinerri merupakan putra dari Kaharuddin Rajo Jale, seorang pengusaha yang mendapat gelar Datu Niaga Negeri dari pewaris Kesultanan Banjar.

Sosok Audy Joinaldy Sang Pemimpin Sumbar dengan Segudang Prestasi Akademik Sampai Mencetak Rekor MURI
Sosok Audy Joinaldy Sang Pemimpin Sumbar dengan Segudang Prestasi Akademik Sampai Mencetak Rekor MURI

Adapun Desmilia merupakan cucu dari Marah Adin Datuk Penghulu Sati, seorang birokrat yang pernah menjabat Kepala Jawatan Pertanian Sumatra Tengah.

Marah Adin tercatat sebagai pendiri Fakultas Pertanian Universitas Andalas (yang semula berada di Payakumbuh) dan Ketua Panitia Pembentukan Kota Solok. Nama kakek buyut Audy tersebut diabadikan menjadi nama jalan di Payakumbuh dan Solok.

Audy mengenyam pendidikan mulai dari taman kanak-kanak Islam hingga lulus dari SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta pada 2001. Ia memperoleh gelar Sarjana Peternakan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2005 dan Master of Science di Wageningen Universiteit Belanda dalam bidang Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition pada 2007, sedangkan gelar Magister Manajemen ia dapatkan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada 2011.

Ia mendapatkan gelar Insinyur dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2019 dan pada tahun yang sama mendapat gelar Insinyur Profesional Madya (IPM) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) serta gelar ASEAN.Eng dari Asean Federation Engineering Association (AFEO) pada tahun 2019.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat