bdadinfo.com

Budayawan Cak Nun Diberitakan Hoaks dengan Jokowi, Kerabat Membantah: Banyak Seniman Jogja Tidak Suka - News

Budayawan Cak Nun atau Mbah Nun (caknun.com)

Tengah ramai di media sosial terkait sebuah klarifikasi dari kerabat budayawan Cak Nun yang sebagaimana diketahui saat ini sedang terbaring sakit dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr.Sardjito, Yogyakarta.

Klarifikasi tersebut ditujukan terkait banyaknya informasi yang beredar mengenai sebuah foto Cak Nun dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun foto tersebut beredar di beberapa WhatsApp grup.

Menanggapi hal tersebut, kerabat budayawan Cak Nun, Ahmad Syakurun Muzakki membantah kebenaran terkait foto Cak Nun dan Presiden Jokowi tersebut.

Baca Juga: Mengenal Bareh Solok, Beras Khas Sumatera Barat yang Dijadikan Inspirasi Lagu

Menurutnya, foto tersebut adalah hoaks dan hasil editan yang tidak bertanggung jawab.

Lebih lanjut, Ahmad menyampaikan, bahwa dirinya tahu persis terkait orang yang secara sengaja memanipulasi foto tersebut yang kemudian menjadi kabar hoaks yang menyesatkan.

Ahmad menambahkan, jika Cak Nun atau yang juga sering disapa dengan sapaan Mbah Nun tersebut memang sedari dulu memiliki segelintir orang yang tidak sejalan dengan prinsip dari pria intelektual muslim Indonesia tersebut.

Ahmad menyebutkan, Cak Nun yang aktif di berbagai kegiatan di Yogyakarta tersebut memang sudah tidak sependapat dengan beberapa seniman Yogyakarta. Ia mengatakan, bahwa beberapa seniman daerah tidak menyukai cara pandang Mbah Nun.

“Ya tidak masalah. Nasib Mbah Nun memang seperti itu sejak dulu. Dibenci orang, dihujat orang. Banyak seniman Jogja tidak menyukainya,” kata Ahmad Syakurun Muzakki, keterangan tertulis dikutip Kamis, 13 Juli 2023.

Ahmad mengaku, hal tersebut tidak diambil pusing olehnya karena pemahaman dan ajaran dari budayawan Cak Nun jauh lebih banyak telah memberikan pengaruh positif dalam kehidupan utamanya dalam hubungan antar manusia.

Dirinya memaparkan, sejak kedatangan Cak Nun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan membawa kekhasan budaya yang kental nilai agama, membuat sejumlah seniman merasa tidak nyaman dengan hal tersebut.

Baca Juga: Pertemuan Organisasi LGBT se-ASEAN di Jakarta, Muhammad Cholil Nafis: Lawan!

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu budayawan Cak Nun dikabarkan tengah jatuh sakit dan mendapat perawatan intensif di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Namun, kondisi Mbah Nun berangsung-angsur membaik.

Kondisinya yang menunjukan perkembangan positif tersebut membuat sejumlah tokoh datang mengunjungi Mbah Nun termasuk beberapa diantaranya adalah Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan Gus Mus dan lain-lain.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat